Metode Penanaman Pendidikan Islam pada Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan
Abstract
Abdullah Nasih Ulwan’s provides several points of view in the realm of methods of planting Islamic education in children which can later be used as a means to achieve the goals of Islamic education. This research uses the documentation method with a descriptive-interpretative approach, namely an attempt to describe the interpretation of some of the texts of the book at-tarbiyah al-aulad fi al-Islam in the third chapter. As for the primary data source is the book at-tarbiyah al-aulad fi al-Islam, the secondary data source is books and related literature, while the data analysis used descriptive analysis. The results of this study there are five methods of planting Islamic education for children, namely educating by example, customary habits, advice, supervision, and through punishment.
Downloads
References
an-Nahlawi, A. tt. Ushul at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Ashalibiha fi al-Bayt wa al-Madrasah al-Mujtama’. Beirut: Dar al-Fikr.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
el-Khuluqo, I. 2015. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hafidz, MNA. 2005. Mendidik Anak bersama Rasulullah. Bandung: Al-Bayan.
Izzan, A. 2012. Tafsir Pendidikan. Tangerang, Pustaka Aufa Media.
Khosiin, N. 2020. Pendidikan Ibadah Anak Usia Dini dalam Kitab Fasholatan Karya KHR. Asnawi, Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian KeIslaman, Vol. IX No. 2.
Lawi, A. A. 2002. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah. Riyadh: Dar Ibn Jawzi.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Manzur, I. tt. Lisan Al-Arab. e-book
Mini, R. 2011. Disiplin pada Anak, Jakarta: Dirjen PAUD Non Formal dan Informal.
Qutb, M. 1980. Manhaj at-Tarbiyah al-Islamiyah. Kairo: Dar asy-Syuruq.
Sidharta, S. 2007. Social Life Skill untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Kebiasaan Positif, Yogyakarta: Tiara wacana.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda Karya.
Syafri, U. A. 2014. Pendidikan Karakter berbasis al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Press.
Tafsir, A. 2011. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Thoha, C. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tsauri, A. 2015. Sejarah Maulid Nabi. Pekalongan: Menara Publisher
Uhbiyati, N. 1997. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Ulwan, A. N. tt. Pedoman Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Bandung: Asy-Syifa.
Wiyani, N. A. 2014. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zamakhsyari, I. 1995. Tafsir al-Kasyaf, jilid III. Beirut: Dar al-Kutub al-Alamiyah.
Zuhaili, W. 2000. Falsafah al-Tarbiyah fi al-Qur’an al-Karim. Dar al-Maktabi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.