Submission

Submit Online

Sudah memiliki username/password Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman? klik log in

Belum mempunyai username/password? Silakan registrasi

Registrasi dan log in diperlukan untuk dapat mengirimkan naskah artikel serta memeriksa status atau proses seleksi naskah yang dikirimkan.

Panduan Penulis

Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman mengundang para akademisi dan peneliti untuk mengirimkan naskah artikel sesuai dengan ruang lingkup jurnal.

Naskah yang dikirim untuk publikasi harus mengikuti pedoman sebagai berikut:

  1. Artikel asli bukan plagiasi, belum dipublikasikan, dan tidak dalam masa review yang akan diterbitkan oleh jurnal lain
  2. Artikel yang ditulis bersifat ilmiah dapat berupa kajian pemikiran, hasil penelitian di bidang kajian keislaman.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab atau bahasa Inggris.
  4. Mengggunakan footnote dalam penulisan notasi ilmiahnya.
  5. Naskah harus bebas dari software anti plagiasi.
  6. Panjang artikel antara 4.000 – 8.000 kata termasuk angka, tabel, dan daftar pustaka.
  7. Judul lugas dan jelas menggambarkan penelitian, tidak lebih dari 15 kata.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tidak lebih dari 200 kata, Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah, tujuan penelitian, metode penelitian (teknik pengumpulan dan teknik analisis data), hasil penelitian (mengacu pada data yang dikumpulkan sebagai upaya untuk menjawab pertanyaan penelitian), dampak, dan kesimpulan (ringkasan temuan hasil penelitian)
  9. Kata kunci berisi 3 – 5 kata atau frase yang mencerminkan isi tulisan.
  10. Pendahuluan terdiri dari latar belakang studi, batasan masalah, kebaruan topik, tinjauan literatur (temuan tidak lebih dari 10 tahun), dan kerangka teori.
  11. Metode penelitian menggambarkan jenis penelitian, pengumpulan data, dan tehnik analisis.
  12. Pembahasan berisi diskusi hasil penelitian dan analisis atau penalaran argumentasi artikel.
  13. Kesimpulan yang menjawab permasalahan penelitian berdasarkan teori
  14. Jumlah referensi minimal 20 referensi umum dan 2 referensi dari Jurnal Islamic Review IPMAFA.
  15. Penulisan daftar pustaka/referensi menggunakan format Turabian Style (fullnote) dengan memanfaatkan aplikasi Mendeley

 

Submission Preparation Checklist

Proses pengiriman naskah artikel ke Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman diwajibkan mengikuti pedoman dan ceklist pengiriman naskah. Penulis yang tidak mematuhi aturan akan dikembalikan naskahnya.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Commitment Anti Plagiarisme

Semua naskah yang dikirim akan diperiksa dengan software anti plagiasi dan deteksi unik tim editor Islamic Review sebagai komitmen melawan plagiasi dalam dunia akademik

Author Fee

Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman tidak memungut biaya pada penulis baik untuk pengiriman naskah maupun untuk publikasi artikel.