Kebijakan Editorial

Ruang Lingkup

Fokus kajian dari Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman ialah diskursus dan riset tentang kajian Keislaman terutama topik tentang pesantren dan kearifan lokal, fiqh sosial, dan kontekstualisasi ajaran Islam dalam berbagai bidang kehidupan.

Kajian literatur dan penelitian yang dilakukan dapat menggunakan berbagai perspektif dalam membedah topik kajian seperti filosofis, sosiologis, antropologis, budaya, hukum, pendidikan, teologi, sufi, ekologi, dan lain sebagainya.

Proses Peer Review 

Proses review Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman dilakukan dengan transparan dan adil tanpa memandang suku, gender, etnis, agama, maupun kelompok. Artikel yang dikirimkan diterima oleh tim editor untuk dilakukan penilaian terkait kesesuaian dengan template jurnal kemudian dikirimkan ke reviewer sesuai kompetensi. Reviewer memberikan naskah yang sudah direview kepada tim editor untuk dikembalikan kepada penulis apabila ada revisi. Penulis merevisi sesuai catatan reviewer kemudian mengirim kembali kepada tim editor.

Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menerapkan kebijakan proses peninjauan/review sebagai berikut:

  1. Naskah yang dikirim author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal dan kesesuaian dengan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  2. Naskah yang telah melewati langkah 1 diatas, maka dikirim ke reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode double blind review.
  3. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
  4. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel.
  5. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman.

Pembiayaan

Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman tidak memungut biaya untuk submit artikel, review, maupun publikasi

Pernyataan Akses Terbuka

Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman  ISSN: 2089-8142, e-ISSN: 2654-4997 menyediakan akses terbuka (Open access)  seketika terhadap kontennya dengan berpegang pada prinsip bahwa dengan membuat penelitian tersedia secara bebas bagi publik akan mendukung pertukaran pengetahuan secara global. Artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia dan bebas diunduh pada laman http://journal.ipmafa.ac.id/

Publication Frequency

Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman terbit dua kali dalam setahun, yaitu periode April dan Oktober. 

Hak Cipta dan Lisensi

Hak Cipta:

Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.

  1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
  2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman.

Lisensi :

Jurnal Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.