Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal wilayah Sragen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian riset dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, nilai pre-tes dan post-test. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli materi mencapai 84%, hasil validasi ahli desain 88%, dan hasil validasi ahli pembelajaran 86%. Hasil uji coba kemenarikan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal mencapai 72% dan nilai rata-rata post-test siswa mencapai 90,2%. Hasil uji-t pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,10 diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 1,288 > 0,691 artinya H0 ditokak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat efektifitas yang tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Slendro Kabupaten Sragen.
References
Alnashr, M. S., & Nuraini, L. (2022). Computational Thinking dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Mafapress.
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2).
Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Penerbit Cava Media.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Khusna, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Asar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 49.
Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada, Jurnal Ilmiah Pendidikan Crita Bakti,. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1).
Lestariningsih, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Lukluah, U. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas IV MIN Bancong & MIS Al Fatah Dimong Kabupaten Madiun. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 323–324.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva Press.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Tematik Terpadu. Kencana.
Rapanna, P. (2016). Membumikan Kearifan Lokal dalam Kemandirian Ekonomi.
Saidah, K., & Dkk. (2020). Nilai-nilai Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia dan Implementasinya dalam Pendidikan Sekolah Dasar. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tinja, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 9(2).
Towaf, S. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 9(2).
Wagiran. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Propinsi DIY dan Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju tahun 2005. Setda Provinsi DIY.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.