Kebijakan Editorial

Ruang Lingkup dan Fokus

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi:

  • Pendidikan Nilai dan Karakter
  • Pengembangan Kurikulum MI/SD
  • Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya, Bahasa Asing, dan Muatan Lokal pada MI/SD
  • Evaluasi Pendidikan Dasar
  • Budaya dan Kearifan lokal Madrasah
  • Kompetensi Guru
  • Manajemen Pendidikan Dasar, dan
  • Kajian tentang PGMI. 

Proses Penelaahan

Proses penelaahan sejawat (peer review) Jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD dilakukan dengan transparan dan adil tanpa memandang suku, gender, etnis, agama, maupun kelompok. Proses penelaahan sejawat meliputi:

  1. Artikel yang dikirimkan penulis diterima oleh tim editor untuk dilakukan penilaian terkait kesesuaian dengan ruang lingkup dan template jurnal.
  2. Artikel yang dinilai layak oleh editor akan dikirim kepada 2 (dua) orang mitra bestari untuk ditinjau kontennya dengan metode double-blind review.
  3. Mitra bestari akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel melalui editor.
  4. Apabila artikel diterima dengan perbaikan, editor akan mengirim kembali kepada penulis untuk diperbaiki sesuai saran mitra bestari.
  5. Hasil perbaikan dikirim kembali kepada editor untuk ditentukan apakah artikel diterima atau ditolak.
  6. Keputusan editor adalah final.

Frekuensi Terbit

Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus.


Komitmen Anti Plagiasi

Semua naskah yang dikirim akan diperiksa dengan software anti plagiasi dan deteksi unik tim editor jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD sebagai komitmen melawan plagiasi dalam dunia akademik


 Pernyataan Akses Terbuka

Jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD menyediakan akses terbuka (Open access)  terhadap artikel yang dipublikasikan. Setiap orang dapat bebas mengunduh artikel dalam jurnal ini pada laman https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/dawuhguru tanpa dipungut biaya.


 Pembiayaan

Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD tidak memungut biaya dari penulis, baik untuk pengiriman naskah, proses review, maupun untuk publikasi artikel.