Nama Jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
Inisial Guru
Frekuensi Terbit 2 kali setahun (Februari dan Agustus)
DOI https://doi.org/10.35878/guru
ISSN Elektronik 2775-5789
ISSN Cetak 2962-746X
Penerbit Mafa Press bekerjasama dengan PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA

Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Pati dan diterbitkan bersama Mafapress. Jurnal yang terbit dua kali dalam setahun (Februari dan Agustus) ini didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian dan kajian tentang pendidikan dasar jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD). Karakteristik khas madrasah diharapkan mampu menghasilkan publikasi yang menarik dengan analisis yang mendalam dari berbagai perspektif keilmuan (multidisipliner).  

Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD mulai edisi Volume 2 Nomor 1 Februari 2022 menggunakan template baru dengan menerbitkan 8 (delapan) artikel hasil penelitian. Jumlah ini bertambah dari edisi volume 1 yang menerbitkan 7 (tujuh) artikel baik pada edisi nomor 1 maupun nomor 2 tahun 2021. Penambahan jumlah artikel yang diterbitkan merupakan hasil kesepakatan bersama tim editorial beserta saran dari mitra bestari. Hal ini dilakukan untuk memperbanyak publikasi ilmiah terkait pendidikan pada jenjang MI/SD. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada para peneliti supaya hasil penelitian yang telah dilakukan dipublikasikan secara terbuka sehingga bisa dibaca oleh masyarakat luas.

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi:

  • Pendidikan Nilai dan Karakter pada MI/SD
  • Pengembangan Kurikulum MI/SD
  • Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya, Bahasa Asing, dan Muatan Lokal pada MI/SD
  • Evaluasi Pendidikan Dasar
  • Budaya dan Kearifan lokal Madrasah Ibtidaiyah
  • Kompetensi Guru MI/SD
  • Manajemen Pendidikan MI/SD, dan
  • Kajian tentang PGMI. 

 Mitra Kerjasama:


Announcements

Current Issue

Vol 2 No 2 (2022): Agustus 2022
Published: 2022-08-30

Article

View All Issues