Penguatan Keterampilan Computational Thinking Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
Kualitas pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sangat ditentukan oleh kompetensi guru sebagai ujung tombaknya. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran tematik harus terus diupayakan. Atas dasar tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas guru MI dalam implementasi pembelajaran tematik yang berbasis kearifan lokal melalui pendekatan computational thinking (CT). Metode pengabdian dengan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dimana guru menjadi aset utamanya. Teknik pengabdian melalui pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mengajar tematik berbasis kearifan lokal melalui pendekatan CT. Hasilnya sebanyak 80% atau 26 peserta pelatihan mampu menerapkan CT dengan baik, sedangkan 20% atau 6 peserta mendapat skor cukup baik. Guru yang mengikuti pelatihan semakin meningkat kompetensi mengajarnya karena mampu menerapkan pembelajaran tematik dengan pendekatan CT. Sebelumnya guru yang mengikuti pelatihan belum menerapkan pembelajaran tematik dengan pendekatan CT tetapi setelah mengikuti pelatihan para guru memahami dan mampu menerapkan pembelajaran tematik dengan pendekatan CT.
References
Alnashr, M. S., & Nuraini, L. (2022). Computational Thinking dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Mafapress.
Amri, S. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran; Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. PT Prestasi Pustakarya.
Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017
Chatib, M. (2013). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kafa.
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir; Jurnal Pendidikan, 5(2).
Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Penerbit Cava Media.
Fullan, M. (2007). School Development: The New Meaning Of Educational Change. New York: Teachers College Press,.
Gord Cunningham, e. a. (2012). Mobilizing Assets for Community-Driven Development. NS, Canada: Coady Internasional Institute.
J.P. Miller, a. W. (1985). Curriculum: Perspective and Practice. New York: Longman.
Keputusan Menteri Agama Nomor 117 Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan aplikasi). CV. AE madia Grafika.
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i2.38623
Klein, M. (1989). Curriculum Reform in the Elementary School, Creating Your Own Agenda. New York and London: Teacher College Columbia University.
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Kencana.
Maharani, S. (2020). Computitonal Thinking Pemecahan Masalah Di Abad Ke-21. Wade Group.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Patimah. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kurikulum. Al Ibtida', 3(1), 147-161.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoris dan Praktis. Kencana Pranadamedia Group.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Tematik Terpadu. Kencana.
Putra, M. R. A. L., Mahardhika, G. P., & Putro, H. P. (2019). Penerapan Kemampuan Problem solving pada Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Computational thinking (CT) Berbasis Role Playing Game (RPG). Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 8(2). https://doi.org/10.22441/format.2019.v8.i2.009
Rapnna, P., & Fajriah, Y. (2018). Menembus Badai Ekonomi dalam Perspektif Kearifan Lokal. CV. Sah Media.
Rouf, A., & Lufita, R. (2018). Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(2), 903-926.
Rulyansah, A., & Dkk. (2017). Model Pembelajaran Brain Based Learning. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Siskandar. (2017). Analisis Peran Kepemimpinan Guru dan Kepala Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sosiohumaniora, 19(2), 149-158.
Sumarni. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 15(3), 387-404
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3).
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.