Implementasi Manajemen Metode Qiro’ati dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an
(Studi pada TPQ di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati)
Abstract
This study aims to determine the implementation management of the qiro'ati method in an effort to improve reading and writing of the Al-Qur'an. This type of research used qualitative research methods with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of this study can be concluded that qiro'ati learning activities are carried out for one hour and fifteen minutes, the learning steps start from the line-up stage filled with prayer and memorizing short letters, followed by the teacher giving examples and the children imitating then at the final stage followed by a method of observing and repeating the material that has been presented. From these activities, it is considered capable of improving the reading and writing of the Al-Qur'an TPQ in the Jakenan sub-district, Pati Regency. Supporting and inhibiting factors include implementation, activeness, and infrastructure
Downloads
References
Amirin, Tatang, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
Amtu, Onisimus, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung, Alfabeta, 2011.
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gavamedia, 2013 .
Depag RI, Al-qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Ath-Toriq, 2012.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Pustaka Setia, 2011.
Hamzah, M Ali, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta, PT Raja Gravindo, 2014.
Hasbulloh, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta, raja Grafindo Persada, 2008.
Huda, Miftahul, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Bandung Gavamedia, 2016.
Indra, Hasbi, Standarisasi Nasional Mutu Pendidikan Al-Qur’an, Jakarta: 2012.
Indra, Hasbi, Pedoman Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an TKA dan Taman Pendidikan Al-Qur’an TPQ, Jakarta, Gramedia, 2013.
Isriani, Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta, Familia, 2012.
Iskandar, Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jakarta: Gaung Parsada Press, 2002.
Kasdi, Abdurrohman, The Empowerment of Productive Waqf in Egyptian Al-Azhar for Education and its Relevance to be Implemented in Indonesia, International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 2018
Koordinator TKQ/TPQ Metode Qiro’ati Cabang Pati, Perangkat Administrasi Lembaga/ TPQ Metode Qiro’ati, PP. Murul Qur’an, Pati, 2018.
Kurniadin, Didin, dkk, Manajemen Pendidikan (Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan), Depok, Arruz Media, 2013.
Maftuhah A.M, Cuplikan Risalah Tajwid , Pati: Korcab TPQ Qiro’ati Pati, 2019.
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Islam: Pemberdayaan Pengembangan Kurikulum, Hingga Redevisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Penerbit Nuansa, 2003 .
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Jakarta: Arruz Media, 2009.
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya, 2007.
Musfi’ah, Jejen, Manajemen Kebijakan Teori dan Praktik, Jakarta: Prenadia Group , 2015.
Nur, Abdul Aziz Muhammad, Mendidik Anak Bersama Nabi, ter., Salafuddin Abu Sayyid, Solo: Pustaka Arofah, 2003.
Sihabudin, Panduan Kurikulum TKQ, TPQ, BADKO TPQ Provinsi Jawa Tengah, Semarang: Pustanegara, 2015.
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.
Subroto, Surya, Performance Manajement, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Syukur, Fatah, Manajemen SDM Pendidikan, Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2013.
Rosyidi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Press, 2009.
Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al Quran Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI, 1997.
http://www.koleksiskripsi.com/2019/04/196-deskripsi-kemampuan-mengajar-guru.html
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.