أهمية استخدام التكنولوجيات الحديثة في تعليم اللغة العربية
Abstract
Di era globalisasi dan komputerisasi model pembelajaran tidak lagi bergantung pada seorang guru (Teacher Centred), text book atau mono media, tetapi lebih kepada penggalian serta pengembangan potensi anak didik dengan model pembelajaran modern seperti Quantum Teaching, Quantum learning, e-learning dan model lainnya yang lebih mengoptimalkan proses dan hasil dari suatu pembelajaran. Namun sayang, pembelajaran modern ini belum banyak yang menggunakan. Kalaupun ada, masih sanga tterbatas dan kurang maksimal. Untuk itu guru sebagai ujung tombak dalam suatu proses pembelajaran perlu mengembangkan SDM-nya masing-masing. Peran guru tidak lagi sebagai sumber tetapi sebagai media, motivator dan pembimbing dalam proses pembelajaran. Diantara penemuan teknologi baru itu adalah seperti komputer, internet, telepon dan video yang bias dimanfaatkan dalam rangka untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan, kecakapan siswa (life skill).
Downloads
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.