IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EDUPRENEURSHIP BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES
Abstract
This written to make an explain edupreneurship who are given by education institution –included is college– to him educate participant so that entrepreneur mental educate participant have growing up. The hopes edupreneurship can shaping creative character and independent from educate participant. Range from to selection learning strategy who are exact and agree with child learning style. So that multiple intelligences theory from Howard Gardner can be phenomenological in the edupreneurship strategy application. Edupreneurship strategy based multiple intelligences to do with educate participant activity used with one of intelligences or some intellegences collaboration in the edupreneurship learning.
Downloads
References
, 2004. “Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan”. Bandung: Kaifa.
Campbell dkk, Linda, 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Depok: Intuisi Press.
Chatib, Munif. 2012, Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.
, 2013. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.
Fadlullah, 2011. Pendidikan Entrepreneurship Berbasis Islam dan Kearifan Lokal. Jakarta: Diadit Media Press.
Gardner, Howard, 2003. Kecerdasan Majemuk, Teori dalam Praktek, alih bahasa Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.
Goldsmith, Marshal, 2010. Soft Skill Enhancing Employability. New Delhi: International Publishing House.
Goleman, Daniel, 2003. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, terj. Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamzah B., Uno, 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kabar Pendidikan, Konferensi Internasional UNESCO-APEID ke-15, Menumbuhkan Inspirasi dalam Pendidikan: Kreativitas dan Kewirausahaan., Edisi 5 Februari 2012.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Bahan Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.
Nazaruddin, 2007. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Soemanto. Wasty, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Gipta.
Soetomo, 2011. Pemberdayaan Masyarakat-Mungkinkah Muncul Antitesisnya?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakrya.
Suparno, Paul, 2007. Teori Kecerdasan Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius.
Syamsudin Makmun, Abin, 2002. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Volintia Dewi, (dkk.) Anita, 2013. Pengaruh Pengalaman Pendidikan Kewirausahaan dan Keterampilan Kejuruan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi , Vol. 3, Nomor 2.
William English, Evelyn, 2005. Gift of Literacy for the Multiple Intelligences Classroom diterjemahkan dengan judul “Mengajar dengan Empati, Panduan Belajar Mengajar Tepat dan Menyeluruh untuk Ruang Kelas dengan Kecerdasan Beragam”. Bandung: Nuansa.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.