Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih dikenal dengan istilah PAUD. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk merupakan salah satu alternatif solusi dalam memberikan penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas baik kepada anak usia dini. Dalam praktiknya, pendidik pada PAUD harus peka terhadap peserta didik yang diampunya. Hal ini dikarenakan setiap peserta didik membutuhkan stimulus untuk membangkitkan kecerdasan yang dikaruniakan Tuhan kepada dirinya. Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat tetap. Kecerdasan merupakan kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan. Kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan suatu masalah; kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk dipecahkan; kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat. Tidak ada anak yang bodoh atau pintar, yang ada adalah anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan. Melalui pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, pendidik mempelajari kekuatan/kelemahan peserta didik dan memberikan peluang untuk belajar melalui kelebihan-kelebihannya. Sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dunia, bekerja dengan keterampilan sendiri dan dapat mengembangkan kemampuannya sendiri.
References
Agus, Z. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1). https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.24
Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 132–142.
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Ardiyanti, Bashiroh, & Anwar. (2021). Peran nilai agama, Pancasila dan budaya dalam membentuk karakter anak usia dini. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Din, 1(1).
Arini, S. D., & Roesminingsih, E. (2021). Kurikulum Integrasi : Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Anak. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1).
Astawa, I. N. T. (2017). Memahami Peran Masyarakat dan Pemerintah dalam Kemajuan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197–205. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200
Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa.
Daryati, M. E. (2021). Bimbingan Teknologi Instrumen Penilaian Prasyarat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini. Abdi Reksa, 2(2).
Dewi, N. C. (2017). Konsep Dasar Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukatif, 3 No.6.
Eminita, V., Ismah, I., & Muthmainnah, R. N. (2019). PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK ANAK. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.155-162
Fitria, F., & Marlina, L. (2020). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Anak Usia Dini Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 151–170.
Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences Theory to practice. In Intelligence.
Gardner, H. (2005). The development and education of the mind: The selected works of Howard Gardner. In The Development and Education of the Mind: The Selected Works of Howard Gardner. https://doi.org/10.4324/9780203019689
Gardner, H. (2006). Five minds for the future; 5 minds for the future. In Leadership for the common good.
Habibi, Y., Srifariyati, S., Hasan, H., & Subhi, M. R. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Madaniyah, 7(2).
Hadi, S. (2000). Metodologi Research (I). Andi Offset.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Husaini, H. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Konteks Islam. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 4(2). https://doi.org/10.47766/idarah.v4i2.1082
Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1).
Istati, D. (2019). Membentuk Karakter Bangsa Sejak Usia Dini. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 6(01), 66–76. https://doi.org/10.21009/jkkp.061.09
Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika, 20(2).
Jasmine, J. (2007). Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Nuansa.
Khumaerah, Hasnah, & Rauf, S. (2017). Pola asuh dan kecerdasan anak. Journal of Islamic Nursing Pola, 2(1).
Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif Teori Kecerdasan Howard Gardner. OSFPREPRINTs.
Laswandi, H., & Mularsih, H. (2020). MEMFASILITASI ORANG TUA MURID MELALUI KOMUNIKASI VISUAL TENTANG MULTIPLE INTELLIGENCE DI SD ‘X’ TANGERANG. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8053
Marpaung, J. (2017). PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK ANAK. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118
Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif (III). Rake Sarasin.
Mulyadi, S. (2010). Mengoptimalkan Perkembangan Kecerdasan Sejak Usia Dini. Www.Episentrum.Com.
Pemerintah. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Prasetyo, J. R., & Andriani, Y. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences: Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. In ICB Research Reports (Issue 9).
Putro, K. Z. (2022). Peran Pendidik Anak Usia Dini dalam Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara. … of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini.
Rahmat, S. T. (2018). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1).
Rohmat, R. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2). https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325
Salati, H. S. (2012). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Islam. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Salmiah, N. S. (2016). Kesadaran Masyarakat Nelayan terhadap Pendidikan Anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 4(1), 1–10.
Setiawati, L. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5180
Setiyowati, E. (2020). Pembentukan Kepribadian Islami pada Anak Usia Dini. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 14(2), 157–165.
Sidiq, U. (2018). Urgensi Pendidikan pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2). https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1591
Subhi, M. R., & Faruq, A. (2021). LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 3(1). https://doi.org/10.36768/qurroti.v3i1.152
Sudarsana, I. K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita, 1(1), 41–48.
Sunartini, F. V. (2013). MENGGALI KEMAMPUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI APLIKASI MULTIPLE INTELEGENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. HUMANIKA, 13(1). https://doi.org/10.21831/hum.v13i1.3323
Suparno, P. (2007). Teori Kecerdasan Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Kanisius.
Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Syaikhu, A. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2). https://doi.org/10.36835/au.v2i2.416
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Tabi’in, A. (2017). Penerapan konsep pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligence) pada anak usia dini. Edukasia Islamika, 2(1).
Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61–74.
Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12
Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2).
Wijana, W. D. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jakarta: PT Indeks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.