Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Gerakan literasi sekolah merupakan program pemerintah yang sedang gencar di terapkan. Gerakan tersebut dilaksanakan melalui Budaya literasi. Adanya budaya literasi sangat membantu para siswa dalam mempengaruhi keterampilan 4C pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis budaya literasi pada keterampilan 4C siswa. Metode yang digunakan penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik di mana melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan budaya literasi yang sudah berjalan berlangsung sangat efektif budaya literasi membuat para siswa mempunyai keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) yang baik.
References
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43..
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).
Anwar, R. K., Komariah, N., & Rahman, M. T. (2017). Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 2(1), 131-142.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Baharun, H., & Rizqiyah, L. (2020). Melejitkan Ghirah Belajar Santri melalui Budaya Literasi di Pondok Pesantren. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 108-117.
Darmayanti, R. (2016). Membangun budaya literasi informasi bagi masyarakat kampus. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 92-101.
Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209.
Fitriyah, L., Marlina, M., & Suryani, S. (2019). Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1), 20-30.
Fitriyah, L., Marlina, M., & Suryani, S. (2019). Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11 (1), 20–30.
Hadi, M. S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis PPK, Literasi, 4C, dan HOTS di SMPN 2 Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Warta Pendidikan| e-Journal, 4(7), 33-40.
Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan pemahaman guru Sekolah Dasar melalui pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis literasi, 4C, PPK dan HOTS. Jurnal Solma, 8(1), 14-23.
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019, February). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 247-267).
Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Tim GLN Kemdikbud.
Kemendikbud. (2017). “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional”. (https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan -pendidikan-nasional). Diakses pada hari Minggu, 10 November 2019 pukul 9.22 WIB.
Kharizmi, Muhammad. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan
Kurniawan, C., & Sadjiarto, A. (2013). Pemahaman Kode Etik Ikatan Konsultan Pajak Mengenai Hubungan dengan Wajib Pajak oleh Konsultan Pajak di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1(1), 55.
Kusuma Dewi, A. (2019). Pengembangan Kompetensi Multiliterasi Desain Berbasis Pada Penerapan Tradisi Komunikasi Di Era Indonesia 4.0. Jurnal Desain Indonesia, 1(1), 1-6.
Literasi.” Jurnal Pendidikan Almuslim 7, no. 2 (2019).
Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, 5(2), 147-156..
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-5.
Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332-343.
Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mursalim, M. (2017). Penumbuhan Budaya Literasi dengan Penerapan Ilmu Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis).
Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198-226.
Putra, D. M., & Nurlizawati, N. (2019). Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 139-146.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.
Saputri, G. L., Wardono, W., & Karisudin, I. (2019, February). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 563-571).
Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1).
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah al-Awlad, 8(2), 107-117.
Sriyanto, Budi. (2021). "Meningkatkan Keterampilan 4c Dengan Literasi Digital Di Smp Negeri 1 Sidoharjo.". Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. 5 (1): 125-142.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163.
Syahlan, T., Imron, A., & Zulfa, L. N. (2019). Pendampingan Santri untuk Membangun Tradisi Literasi Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Mranggen Demak. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 19(1), 49-60.
Syahlan, T., Imron, A., & Zulfa, L. N. (2019). Pendampingan Santri untuk Membangun Tradisi Literasi Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Mranggen Demak. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 19(1), 49-60.
Triyanto, T., Fauziyah, F. A., & Hadi, M. T. (2019). Bahasa Sebagai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 1(1).
Valls-Pedret, C., Lamuela-Raventós, R. M., Medina-Remón, A., Quintana, M., Corella, D., Pintó, X., ... & Ros, E. (2012). Polyphenol-rich foods in the Mediterranean diet are associated with better cognitive function in elderly subjects at high cardiovascular risk. Journal of Alzheimer's Disease, 29(4), 773-782.
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.
Wulandari, R. (2017). Implementasi kebijakan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar islam terpadu lukman aL hakim internasional. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(3), 319-330.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.