Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 MI/SD Berbasis Islami

  • Fira Nadliratul Afrida Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
Keywords: texbooks development, english for elementary students, islamic

Abstract

Pengembangan buku ajar menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan pembelajaran, Buku ajar bahasa inggris berbasis islami ini mempunyai ciri khas yaitu materi berbasis kontekstual dan keislaman yang dilengkapi dengan 4 aspek keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar bahasa inggris berbasis islami dan meneliti validitas serta kemenarikan buku ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain Borg & Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan buku ajar bahasa inggris memperoleh kualifikasi yang baik, dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 80%, ahli desain dengan persentase 92%, guru kelas dengan persentase 94%. Buku ajar memiliki tingkat kemenarikan yang tinggii dibuktikan dengan hasil wawancara dan angket kepada peserta didik dengan presentase 90,04%, Sehingga buku ajar telah memenuhi aspek-aspek dalam pengembangan & kebutuhan dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

References

Amelia, D.J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak dalam Bentuk Komik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 6(2). DOI:10.22219/jp2sd.v6i2.7152
Behnke, Yvonne. (2016). How Textbook May Influence Learning with Geography Textbook. Berlin: Humboldt-Universität zu Berlin.
Belawati, Tia. 2003. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi ke Satu. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fadila D. & Yuhana, Y.M. (2018). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran.5(1)
Jannah R. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Islam. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2(1). http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.737
Kurniawan, I.W. & Patria, A.S. (2019). Analisis Layout Buku Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar Tema 8. Jurnal mahasiswa UNESA. 4(7).
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Dharmawangsa. 1(5). DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207.
Nurdaeni, N (2014) Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Standar Penulisan Buku Teks Pelajaran. Pedadidaktita: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1).
Oktariyani & Juwita. P.R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Local learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Indonesia. 4(10).
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puspita A.M.I & Purwo S. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2 (1).
Septianti, N. & Rara A. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 2(1). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, F., Gunahardi & Hartono. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1). DOI: 10.17509/eh.v12i1.15068
Walid, M. &Hanifah, N.H. (2017) Pengembangan Buku Ajar Tematik Kelas IV Berbasis Integrasi Islam Pada Subtema Pemanfaatan Energi di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. 1(2). http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v1i2.45
Published
2021-08-28
How to Cite
Afrida, F. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 MI/SD Berbasis Islami. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 93-104. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.300
Section
Article