Penguatan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal

  • Fira Nadliratul Afrida Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
Keywords: kompetensi guru, P5, Kearifan lokal, kurikulum merdeka, pendidikan karakter

Abstract

Artikel ini membahas upaya penguatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal di SD 01 Kudukeras, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. P5 bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek, dengan salah satu temanya adalah kearifan lokal. Implementasi tema ini menghadapi tantangan, terutama dalam hal keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Melalui pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), kegiatan pengabdian ini berfokus pada penguatan kompetensi guru melalui pelatihan dan workshop. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka dan motivasi untuk mengintegrasikan potensi lokal, seperti UMKM jajanan tradisional, dalam pembelajaran. Dengan pendekatan Problem Based, Need Based, Right Based, dan Asset Based, guru mampu merancang kegiatan P5 yang mengembangkan karakter peserta didik, seperti gotong royong dan kemandirian. Artikel ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan dukungan bagi guru dalam mewujudkan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Pancasila dan budaya lokal.

References

Af’idah, I. N., Nisfa, N. L., Putri, F. K. A., Afrida, F. N., & Muhaiminan, H. M. A. (2024). Tantangan dan Peluang: Inovasi dalam Kurikulum Merdeka bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Trangkil. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.35878/kifah.v3i1.1182
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.
Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Imelda Pratiwi, E., Putri Ismanti, S., Fitriya Zulfa, R., Jannah, K., & Fauzi, I. (2023).
Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. Al-Ibanah, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.146
Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.
Published
2025-06-28
How to Cite
Afrida, F. (2025). Penguatan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 31-40. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v4i1.1674
Section
Articles