Penguatan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal
Abstract
Artikel ini membahas upaya penguatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal di SD 01 Kudukeras, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. P5 bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek, dengan salah satu temanya adalah kearifan lokal. Implementasi tema ini menghadapi tantangan, terutama dalam hal keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Melalui pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), kegiatan pengabdian ini berfokus pada penguatan kompetensi guru melalui pelatihan dan workshop. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka dan motivasi untuk mengintegrasikan potensi lokal, seperti UMKM jajanan tradisional, dalam pembelajaran. Dengan pendekatan Problem Based, Need Based, Right Based, dan Asset Based, guru mampu merancang kegiatan P5 yang mengembangkan karakter peserta didik, seperti gotong royong dan kemandirian. Artikel ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan dukungan bagi guru dalam mewujudkan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Pancasila dan budaya lokal.
References
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.
Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Imelda Pratiwi, E., Putri Ismanti, S., Fitriya Zulfa, R., Jannah, K., & Fauzi, I. (2023).
Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. Al-Ibanah, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.146
Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Lisensi:
Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.