Pengembangan Instrumen Minat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas 3 dan 4 SD/MI

  • Irma Nur Af'idah PGMI IPMAFA
  • Teguh Arik Yuanto SMK N 1 Cluwak Pati
Keywords: Instrumen Penilaian, Minat Peserta Didik, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat peserta didik dalam pelajaran Bahasa Inggris kelas III dan IV SD Kanisius Mangunan Kalirto Berbah Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert, uji validitas dan uji reliabilitas data.Pengujian instrumen minat Bahasa Inggris diujikan kepada peserta didik kelas III dan IV SD Kanisius Mangunan Kalirto Berbah Sleman Yogyakarta.Instrumen ini terdiri dari 5 indikator dan 26 butir soal. Hasil analisis pada indikator diperoleh KMO (Kaiser-Meyer-Olkin) sebesar 0,676 danBarlett’s Tes sebesar 0,000. Koefisisen MSA (Measure of Sampling adequacy) pada korelasi anti image, menunjukkan bahwa semua variabel lebih besar dari 0,5 sehingga data dapat dianalisis lebih lanjut. Jumlah varian pada analisis faktor membentuk 5 faktor dan varians kumulatif total sebesar 55,97%. Dari 26 item tes, hanya 10 item instrumen penilaian sikap ilmiah yang memenuhi lima faktor tersebut. Analisis reliabilitas dengan jumlah item 10 diperoleh nilai koefisien Cronbach Alpha sebesar 0,546. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris kelas 3 dan 4 di Sekolah Dasar Kanisius Berbah Sleman sudah dapat dilakukan dengan baik, karena hampir seluruh peserta didik menyukai pembelajaran Bahasa Inggris tersebut walaupun masih terdapat beberapa peserta didik yang sama sekali tidak memiliki minat dan semangat belajar terhadap mata pelajaran ini.

References

Adrian. D. (2019). Developing an instrument to evaluate the influental factors of the success of local curriculum. Research and Evaluation in Education. 5(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/23980
Apriyani, D. & Sirait, E. (2021). Pengembangan instrumen minat belajar siswa pada pelajaran matematika. Susunan Artikel Pendidikan. 6(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/9311/4115
Ariastuti, A., Wayuddin, H.M., & Maryadi. (2014). Peningkatan minat belajar bahasa Inggris siswa melalui media audio visual di SMP Negeri 1 Klaten. Kajian Linguistik dan Sastra. 26(1). https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4082/2622
Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
Creswell, J. (2015). Riset Penelitian. Pustaka Pelajar.
Crow, L. D., & Crow, A. (1984). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Khiyarusole, U. (2018). Pengembangan instrumen kemampuan bakat minat berbasis kecerdasan majemuk siswa SMA. Jurnal Dialekta Program Studi Pendidikan Matematika. 5 (1). https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/262/218
Mardapi, Djemari. (2016). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Parama Publishing.
Ndiung, S. & Jediut, M. (2020) Pengembangan Instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Education Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 10(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/6274/pdf
Nofiyana (2019). Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang. Jurnal Bahasa dan Sastra. 4(2).
Norusis, Marija J. (1993). SPSS for Windows Professional Statistics Release 6,0 . Marketing Department SPSS Inc.
Nunnally, Jum C. (1992). Introduction to Psychological Measurement.York: McGraw Hill Book Company.Oppenheim, Questionaire Design, Interviewing and Attitude Measurement. Pinter Publishers.
Nurfillaili, U., Yusuf, M., & Anggereni, S., (2016). Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA Negerri khusus Jenoponto kelas XI semester I. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2). https://media.neliti.com/media/publications/209800-pengembangan-instrumen-tes-hasil-belajar.pdf
Priyatno, Duwi. (2009).Analisis untuk Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Gaya Media.
Samritin & Suryanto. (2016). Developing an assesment instrument. of Junior High School students higher ordwe thinking skills in mathematics. Research and Evaluation in Education. 2(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/8268
Sasmita, R. (2018). Pengaruh minat belajar dan disiplin diri terhadap prestasi belajar bahasa Inggris (survey siswa SMP Negeri di kota Bekasi). Jurnal of English and Language Teaching. 1(1). Htt[://journal.lppmunindra.ac.id.>download
Silvia, P. J. (2006). Exploring The Psychology of Interest. Oxford University Press.
Sugiyono, Mardapi. D., & Suryadarma. G.P. (2019). Developing assesment instruments for sosory acceptability of food products. Research and Evaluation in Education. 3(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/13940/9909
Surya, A. & Aman. (2016). Developing formative authentic assesment instruments based on learning trajectory for elementary school. Research and Evaluation in Education. 2 (1). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/6540
Usman, Uzer. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosydakarya.
Widodo. E., Sudarsono. F. X. (2016). Developing an observation instrument for assessing the effectiveness of english teaching at vocational secondary schools (2016). Research and Evaluation in Education. 2(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/8648
Published
2021-08-28
How to Cite
Af’idah, I., & Yuanto, T. (2021). Pengembangan Instrumen Minat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas 3 dan 4 SD/MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 121-134. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.288
Section
Article