Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Pembelajaran Agama Islam
Abstract
This study aims to examine the surah al-Alaq verses 1-5 about the virtues of reading, writing, investigating, examining, and including all work for the sake of Allah. In addition, this research will also look for the values of Islamic education contained therein and how to actualize them in learning. This type of research is library research with the data analysis technique used is content analysis. The collection of library materials and the object of discussion under study were made coherently and then re-examined with one another with a predetermined framework. In this study, it was found that Surah al-Alaq verses 1-5 contain three values of Islamic education. These values are Aqidah Education to strengthen belief and faith, Shari'a Education as a guide to facilitate carrying out Allah's commands, and Moral Education as the actualization of carrying out His commands. This first revelation can be used as a guide when the learning process is in accordance with the existing stages.
Downloads
References
Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Resti Ruskarini. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15, no. 1 (2018): 24–41.
Al-Maraghi, Ahmad Mustofa. Tafsir Al-Maraghi. Terj. Bahr. Semarang: Toha Putra, 2007.
Al-Munawa, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-Nilai Qurani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press, 2005.
Andrianto. “Implementasi Komunikasi Edukatif Dalam Pemaduan Iman, Ilmu Dan Amal Studi Pembelajaran PAI Di Sma IT Abu Bakar Yogyakarta.” Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019).
Ansori, Raden Ahmad Muhajir. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik.” Jurnal Pusaka: Media Kajian dan Pemikiran Islam 8, no. 1 (2016): 14–32.
Ash-shabuni. Sofwah At-Tafasir. Vol. III. Beirut: Dar al-Fikr, 1996.
Azis, Lasman. “Ragam Pemahaman Ahli Tafsir Dalam Menafsirkan Ayat Yang Pertama Diturunkan.” Journal Manager At-Tasriiy 1, no. 1 (2018): 52–67.
Aziz, Abd. Filsafat Pendidikan Islam; Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2009.
Djafar, Abu Bakar, Fatimah, and Andi Hidayat. “Pendidikan Islam Pada Masa Bayi (Telaah Hadis Tentang Azan Bagi Bayi Baru Lahir).” Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 10, no. 2 (2021).
Dozan, Wely. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surat Al- Alaq Ayat 1-5.” Ta’Limuna 9, no. 2 (2020): 153–169.
AEQ., Nurwadjah. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Hati Yang Selamat Hingga Kisah Luqman). Bandung: Penerbit Marja, 2007.
Elihami, and Firawati. “Transformasi Sosial Dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Kabupaten Sidenreng Rappang.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2017).
Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 227–240.
Fuad, Mohamad Nur. “Nilai Surah Al-Alaq Dalam Kehidupan.” An-Nida’: Jurnal Prodi Komunikasi Penyiaran Islam 6, no. 2 (2018): 85–108.
Ginting, Firman. 'Peran Pendidik Sebagai Role Model Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik". The Progressive and Fun Education Seminar. 2016.
Humaedi, Ihsan. “Konsep Pesan Pra-Nubuwwah Yang Terkandung Dalam Wahyu Pertama Kali Turun Surah Al-Alaq 1-5.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 17, no. 1 (2020): 110–121.
Ikhwan, Afiful. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014).
Jaelani, Abdul Qadir. Tafsir Al-Jaelani. Terj. Abdu. Jakarta: Sahara, 2011.
Jayana, Thoriq Aziz. “Pendidikan Literasi Berbasis Al-Qur’an Dalam Tinjauan Teologis, Historis, Dan Sosiologis.” Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 10, no. 2 (2021).
Kaelan. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma, 2005.
Lubis, Sakban. “Nilai Pendidikan Pada Surah Al-Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab.” Jurnal Ilmiah Al-Hadi 4, no. 2 (2019): 919–941.
Masruroh, Ninik, and Umiarso. Modernisasi Pendidikan Islam Ala Azyumardi Azra. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Masykur, and Siti Solekhah. “Tafsir Qur’an Surah Al-‘Alaq Ayat 1 Sampai 5 (Perspektif Ilmu Pendidikan).” Wasathiyah: Jurnal Studi Keislaman 2, no. 2 (2021): 72–87.
Muhaimin, and Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Muslimah, Defy Catur. “Kandungan Pemikiran Dalam Qs. Al-‘Alaq (96): 1-5 Tafsir Al-Mishbah Dan Al-ʻaẓīm (Tinjauan Pendidikan Islam).” Skripsi. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Mustofa, Agus. Membonsai Islam. Surabaya: Padma Press, 2006.
Nugroho, Bekti Taufiq Ari, and Mustaidah. “Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri.” Jurnal Penelitian 11, no. 1 (2017).
Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018).
Ramadana, Vivin, Bustanur, and Sopiatun Nahwiyah. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri 001 Pasar Lubuk Jambi.” JOM FTK UNIKS 1, no. 2 (2020): 293–301.
Said, Colle. “Paradigma Pendidikan Dalam Perspektif Surah Al-Alaq Ayat 1-5.” Hunafa: Jurnal Studia Islamika 13, no. 1 (2016).
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati, 2012.
Soetomo. Masalah Sosial Dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Yanfaunnas. “Pendidikan Dalam Perspektif Q.S Al-’Alaq: 1-5.” Jurnal Nur El-Islam 1, no. 1 (2014).
Zainuddin, M. Riza. “Konsep Pendidikan Humanis Dalam Perspektif Islam.” Edukasi 3, no. 3 (2015).
Zuhayli, Wahbah. Tafsir Al-Munir. Juz 30. Beirut: Dar al-Fikr, 1991.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.