IDEALISME TAFAQQUH FI> AD-DI>N
Orientasi Mathali’ul Falah Membentuk Insa>n S{a>lih dan Akram
Abstract
Judul Buku : Madrasah Para Kiai: Refleksi Untuk Satu Abad Perguruan Islam athali’ul Falah
Penulis : M. Imam Azis, dkk.
Penerbit : Keluarga Mathali’ul Falah Yogyakarta
Tahun terbit : I, 2012
Halaman : xvi + 187 halaman
Setiap lembaga pendidikan tentu memiliki orientasi keilmuan yang telah dipilih guna mengantarkan peserta didiknya menuju pintu kesuksesan masing-masing. Ada lembaga yang hanya berorientasi dunia kerja (ekonomi). Ada pula lembaga yang hanya melulu hanya mengejar akhirat, dengan sedikit mempertimbangkan dunia. Kedua model lembaga ini cenderung mendikotomikan agama dan dunia. Selain itu, ada suatu lembaga pendidikan yang mencoba memadukan kedua tujuan pembelajaran sebelumnya. Namun, di era serba instan dan pragmatis ini model lembaga yang ketiga ini sudah mulai ditinggal oleh masyarakat. Padahal sebagai umat muslim seharusnya mampu mengintegrasikan antara dunia dan akhirat sebagai tujuan pendidikan.
Salah satu lembaga pendidikan Islam yang istiqa>mah memadukan keilmuan yang bersifat agama dan duniawi adalah Mathali’ul Falah (selanjutnya disingkat Mathali’). Lewat buku berjudul “Madrasah Para Kiai; Refleksi Untuk Satu Abad Perguruan Islam Mathali’ul Falah” para alumninya ingin mengenalkan dan membuktikan sisi idealitas keilmuan itu. Sehingga meskipun berada di tengah-tengah perubahan arus lembaga pendidikan yang berorientasi pada dunia kerja, Mathali’ mampu konsistensi dan bersaing. Bahkan dalam kurikulum pendidikan -yang setara dengan MI/SD sampai MA/SMK/SMA-Mathali’ tidak mengikuti Sistem Pendidikan Nasional yang dianggap sementara ahli-pendidikan ‘gagal’ membentuk peserta didik yang berkarakter dan berwawasan moral-agamis.
Downloads
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.