MAKNA MUSLIM DAN KAFIR PERSPEKTIF FARID ESACK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA

  • Dewi Robiah Fakultus Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Abstract

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arkoun, Mohammed. Islam Kontemporer Menuju Dialog Antar Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Engineer, Asghar Ali. Islam dan Teologi Pembebasan, terj., Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Azra, Azyuzumardi. Kajian Tematik al-Qur’an Tentang Ketuhanan. Bandung: Angkasa, 2008.
Eriyanto. Analisis wacana. Yogyakarta: LKIS, 2011.
Esack, Farid. Qur’an, Liberation & Pluralism: An Islam ic Perspective of Interreligious solidarity againts Oppression, lihat terj. Al -Qur’an, Liberalisme, Pluralisme: Membebaskan yang Tertindas, Bandung: Mizan, 2000.
__________. Spektrum Teologi Progresif di Afrika Selatan,dalam Dekonstruksi Syariah II, terj. Farid Wajidi, Yogyakarta: LkiS, 1996.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: PT Pustaka Panji Mas, 1988.
Hidayat, Komaruddin. Konflik Antaragama, dalam Pluralitas Agama, Kerukunan dalam Keragaman. Editor Nur Ahmad, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001.
Hossein Nasr, Seyyed. Islam Agama, Sejarah, dan Peradaban, terj. Koes Adiwidjajanto, Surabaya: Risalah Gusti, 2003.
Izutsu, Toshihiko. Konsep-konsep Etika Religius Dalam Qur’an, Penerjemah: Agus Fahri husein, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya, 2003.
J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Jeergenmeyer, Mark. Menentang Negara Sekuler, Kebangkitan Global Nasionalis, terj. Nurhadi, Bandung: Mizan, 1998.
Madjid, Nurcholis. Islam, Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina, 1992.
¬¬_______________. Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1995.
Rachman, Munawar. Islam Pluralis Wacana kesetaran kaum Beriman. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004.
Saifullah. Nuansa Inklusif dalam Tafsir al-Manar. Ciputat: Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI, 2012.
Shihab, Alwi. Islam Inklusif menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan, 1997.

Internet:
http://dinatea.blogspot.com/2017/05/pandangan-hamka-tentang-toleransi.html, diakses pada tanggal 14 juni 2019, pukul 08.04 WIB.
http://www.ipsmudah.com/2017/03/contoh-konflik-antar-agama. html, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 14.18 WIB.
https://beritagar.id/artikel/berita/pernyataan-ahok-soal-surat-al-maidah- picu- debat-netizen, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 16.54 WIB.
https://e-dokumen.kemenag.go.id/files/fmpbnNCJ1286170246.pdf, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 16.39 WIB.
https://hukamnas.com/contoh-konflik-antar-agama, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 15.54 WIB.
Published
2020-04-25
How to Cite
Robiah, D. (2020). MAKNA MUSLIM DAN KAFIR PERSPEKTIF FARID ESACK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 9(1), 86-114. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/islamicreview.v9i1.194