MAKNA MUSLIM DAN KAFIR PERSPEKTIF FARID ESACK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA
Abstract
Downloads
Download data is not yet available.
References
Arkoun, Mohammed. Islam Kontemporer Menuju Dialog Antar Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Engineer, Asghar Ali. Islam dan Teologi Pembebasan, terj., Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Azra, Azyuzumardi. Kajian Tematik al-Qur’an Tentang Ketuhanan. Bandung: Angkasa, 2008.
Eriyanto. Analisis wacana. Yogyakarta: LKIS, 2011.
Esack, Farid. Qur’an, Liberation & Pluralism: An Islam ic Perspective of Interreligious solidarity againts Oppression, lihat terj. Al -Qur’an, Liberalisme, Pluralisme: Membebaskan yang Tertindas, Bandung: Mizan, 2000.
__________. Spektrum Teologi Progresif di Afrika Selatan,dalam Dekonstruksi Syariah II, terj. Farid Wajidi, Yogyakarta: LkiS, 1996.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: PT Pustaka Panji Mas, 1988.
Hidayat, Komaruddin. Konflik Antaragama, dalam Pluralitas Agama, Kerukunan dalam Keragaman. Editor Nur Ahmad, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001.
Hossein Nasr, Seyyed. Islam Agama, Sejarah, dan Peradaban, terj. Koes Adiwidjajanto, Surabaya: Risalah Gusti, 2003.
Izutsu, Toshihiko. Konsep-konsep Etika Religius Dalam Qur’an, Penerjemah: Agus Fahri husein, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya, 2003.
J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Jeergenmeyer, Mark. Menentang Negara Sekuler, Kebangkitan Global Nasionalis, terj. Nurhadi, Bandung: Mizan, 1998.
Madjid, Nurcholis. Islam, Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina, 1992.
¬¬_______________. Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1995.
Rachman, Munawar. Islam Pluralis Wacana kesetaran kaum Beriman. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004.
Saifullah. Nuansa Inklusif dalam Tafsir al-Manar. Ciputat: Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI, 2012.
Shihab, Alwi. Islam Inklusif menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan, 1997.
Internet:
http://dinatea.blogspot.com/2017/05/pandangan-hamka-tentang-toleransi.html, diakses pada tanggal 14 juni 2019, pukul 08.04 WIB.
http://www.ipsmudah.com/2017/03/contoh-konflik-antar-agama. html, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 14.18 WIB.
https://beritagar.id/artikel/berita/pernyataan-ahok-soal-surat-al-maidah- picu- debat-netizen, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 16.54 WIB.
https://e-dokumen.kemenag.go.id/files/fmpbnNCJ1286170246.pdf, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 16.39 WIB.
https://hukamnas.com/contoh-konflik-antar-agama, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 15.54 WIB.
Engineer, Asghar Ali. Islam dan Teologi Pembebasan, terj., Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Azra, Azyuzumardi. Kajian Tematik al-Qur’an Tentang Ketuhanan. Bandung: Angkasa, 2008.
Eriyanto. Analisis wacana. Yogyakarta: LKIS, 2011.
Esack, Farid. Qur’an, Liberation & Pluralism: An Islam ic Perspective of Interreligious solidarity againts Oppression, lihat terj. Al -Qur’an, Liberalisme, Pluralisme: Membebaskan yang Tertindas, Bandung: Mizan, 2000.
__________. Spektrum Teologi Progresif di Afrika Selatan,dalam Dekonstruksi Syariah II, terj. Farid Wajidi, Yogyakarta: LkiS, 1996.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: PT Pustaka Panji Mas, 1988.
Hidayat, Komaruddin. Konflik Antaragama, dalam Pluralitas Agama, Kerukunan dalam Keragaman. Editor Nur Ahmad, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001.
Hossein Nasr, Seyyed. Islam Agama, Sejarah, dan Peradaban, terj. Koes Adiwidjajanto, Surabaya: Risalah Gusti, 2003.
Izutsu, Toshihiko. Konsep-konsep Etika Religius Dalam Qur’an, Penerjemah: Agus Fahri husein, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya, 2003.
J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Jeergenmeyer, Mark. Menentang Negara Sekuler, Kebangkitan Global Nasionalis, terj. Nurhadi, Bandung: Mizan, 1998.
Madjid, Nurcholis. Islam, Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina, 1992.
¬¬_______________. Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1995.
Rachman, Munawar. Islam Pluralis Wacana kesetaran kaum Beriman. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004.
Saifullah. Nuansa Inklusif dalam Tafsir al-Manar. Ciputat: Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI, 2012.
Shihab, Alwi. Islam Inklusif menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan, 1997.
Internet:
http://dinatea.blogspot.com/2017/05/pandangan-hamka-tentang-toleransi.html, diakses pada tanggal 14 juni 2019, pukul 08.04 WIB.
http://www.ipsmudah.com/2017/03/contoh-konflik-antar-agama. html, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 14.18 WIB.
https://beritagar.id/artikel/berita/pernyataan-ahok-soal-surat-al-maidah- picu- debat-netizen, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 16.54 WIB.
https://e-dokumen.kemenag.go.id/files/fmpbnNCJ1286170246.pdf, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 16.39 WIB.
https://hukamnas.com/contoh-konflik-antar-agama, diakses pada 22 Maret 2019 pada pukul 15.54 WIB.
Published
2020-04-25
How to Cite
Robiah, D. (2020). MAKNA MUSLIM DAN KAFIR PERSPEKTIF FARID ESACK SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 9(1), 86-114. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/islamicreview.v9i1.194
Section
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.