RELEVANSI KONSEPTUAL MODEL HADITS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-MUFRAD DAN TARBIYAH AL-AULAD FI AL-ISLAM TERHADAP KONTEKS KEKINIAN
Abstract
The importance of character education as the direction and estuary of national education, bring the consequences of education to make the nation‟s character strong positive (sturdy, unshakable in the holding the good values which sourced of religion, culture-tradition or the state of philosophy). However the issues about the character or moral that happen at the present time, far more and complex compared with education character issues that happened in the previous time. There are some strategies that has done to give character education for child that started from family environment its self, because the child character formed from family education. The character issues that more complexs make the person aware the importance of review the theory of Prophet Muhammad SAW from hadis (traditional collection of stories relating words or deeds of Muhammad the chief source of guidance for understanding religious questions) to give the appropriate education character for child. Here the writer will present The Relevance of Family Education Character Perspective Adab al-Mufrad and Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam Book toward the context of Education Character that happen at the present time.
Downloads
References
Bukhari, Al, Abu Abdillah Muhammad. 1996, Adabul Mufrad. Riyard: Maktabah Al-Ma’arif.
Ghalayini, Al, Musthafa. 1936, Idzah an-Nasyi’in: Kitab Akhlak wa Adab waj Timaa’, Bairut: at-Thab’ah al-Wathaniyah.
Hasanah, Aan. 2012, Pendidikan Karakter Berprespektif Islam, Bandung: Insan Komunika.
Jalaluddin. 2016, Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi, Jakarta: Rajawali Press.
Lutfiyani. 2017, Analisis Terhadap Hadis-Hadis Pendidikan Karakter dalam Keluarga, Jakarta: Samudera Biru.
Mas’udy, Al, Hafidz Hasan. Minhah al-Mughits fi ‘Ilm Musthalah al-Hadits, Surabaya: al-Hidayah. t.th.
Misri, A-, Abul Fadal Jamaluddin Muhammad, Lisan al-Arab, Beirut: Daru Sadir. H.
Purwanto, Ngalim. 2014, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2007, Jakarta: Pusat Bahasa.
Reitz, M Joan. 2004, Dictionary for Library and Information Science, London: Libraries Unlimited.
Samawi, Muchlas dan Hariyanto. 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syarbini, Amirulloh. 2017, Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1996, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, Kairo: Dar as-Salam.
Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003.
Zakiah, Dradjat. 2015, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT Bulan Nintang.
Zed, Mestika. 2004, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.