تقويم تعليم اللغة العربية
دراسة الاختبرات اللغوية
Abstract
Evaluation is a very urgent part of the process of learning Arabic. In the relationship between evaluation and learning Arabic, i.e. can be known to what extent the success of the learning process and the learning objectives to be achieved. Therefore, every Arabic language teacher must have the knowledge and understanding of the criteria and principles for preparing an evaluation instrument for learning Arabic. In order for the test to have good quality, three criteria must be fulfilled, namely validity, reliability, and practicality. The Arabic language test room can be grouped into two: namely language element tests and language skills tests. Arabic tests can be grouped into various types of tests based on various characteristics of grouping. In preparing the Arabic language test, it is necessary to pay attention to the principles and guidelines for the preparation of the test so that the test questions prepared are guaranteed quality.
Downloads
References
Hamid, M. Abdul, 2013. Mengukur kemampuan bahasa arab. Malang: UIN Malili Press.
Matsna, Moh. dan Erta Mahyudin, 2012. Pengembangan Evaluasi dan Tes Bahasa Arab. Tanggerang Selatan: Al Kitabah.
Munir.,2017. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Suprapto, Sumarna, 2005. Analisis Validitas Reabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosydakarya.
الدكتور محمد علي الخولي. 2000. الاختبارات اللغوية. صويلح: دار الفلاح للنشر والتوزيع.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan bersama Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.