Nilai-Nilai Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an (Studi Surah Luqman Ayat 12-19) Menurut Tafsir Ibnu Katsir
Abstract
The author is interested in focusing his research on surah Luqman verses 12-19 because this verse has the closest meaning to early childhood education. This research uses library research with efforts to search for literature references related to the subject matter discussed descriptively, namely research that collects materials, books, supporting literature. The data analysis technique used in this study is content analysis by analyzing the meaning contained in the verses of the Qur'an related to early childhood according to surah al-Luqman verses 12-19 according to the tafsir of Ibn Kathir. The results showed that the educational value that needs to be instilled from surah al-Luqman verses 12-19 includes aqidah education, shari'ah education, and moral education.
References
Abrori, S. (2018). Studi Al-Qur’an Teori Dan Aplikasinya Dalam Penafsiran Ayat Al-Qur’an. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Ahmad Nashiruddin, A. Y. (2022). Implementasi Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di RA Hidayah Tayu Kabupaten Pati. Tinta Emas, 98.
Ahmad Nashiruddin, S. (2021). PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ERA NEW NORMAL DI KABUPATEN PATI. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 78.
Al-Ghamadi, A. (2011). Cara Mengajar Anak/Murid Ala Luqman Al-Hakim. Yogyakarta: Sabil.
Al-Ghamadi, A. (2011). Cara Mengajar Anak/Murid Ala Luqman Al-Hakim. Yogyakarta: Sabil.
Al-Ghiryani, A. (2015). Hikmah Lukman Al-Hakim. Jakarta Selatan: Maktabah Al-Alukah.
al-Mubarakfuri, S. (2021). Sahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.
Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidika. Jakarta: Kencana.
Fitriani. (2020). Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19,. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, Nomor 01, 70.
Huda, M. (2009). Idealitas Pendidikan Anak Tafsir Tematik QS Luqman. Malang: UIN Malang Press.
Izzan, A. (2011). Ulumul Qur’an. Bandung: Humaniora.
Karman. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Kristiawan, M. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rivai Bolotio, F. A. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam QS.Luqman Ayat 12-19Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Jurnal Pendidikan Islam, 12.
Sumiyati. ( 2014). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Cakrawala Institute.
Sumiyati, S. (2021). Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Abdullah Nasih Ulwan (Tela’ah atas Kitab Tarbiyah Al-Aulād Fī Al-Islām). Atthufullah, 16.
Umamah, L. (2020). Misteri Dibalik Penanaman Surat-Surat Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.
Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alrin.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.