Pembelajaran Sains Inquiry pada Anak Usia Dini

  • Nia Lailin Nisfa Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
  • Farah Kamelia Ali Putri IPMAFA
Keywords: pembelajaran, sains inquiry, anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Pembelajaran Sains Inquiry pada Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research. Hasil PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2015, menunjukan bahwa kemampuan anak Indonesia pada usia 15 tahun di bidang matematika, science, dan membaca masih tergolong rendah dibandingkan dengan anak – anak lain di dunia. Hal ini dapat diartikan bahwa banyak proses pembelajaran yang kurang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi. Maka dari itu, diperlukan peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan sejak usia dini. Pembelajaran Sains Inquiry merupakan sebuah proses pembelajaran yang harus melibatkan anak di dalamnya. Anak-anak diajarkan untuk menemukan pertanyaan-pertanyaan esensi, menyelidiki secara mendalam, membangun pemahaman, makna dan pengetahuan baru. Peran guru dalam pembelajaran science inquiry adalah memberi rangsangan agar anak aktif dan bergairah berpikir, menunjukan jalan keluar jika anak mengalami kesulitan, mengenalkan masalah yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas, dan meminta anak membuktikan atau setidaknya menjelaskan hipotesis yang mereka buat.

References

Andrisyah, A. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PENDEKATAN INQUIRY (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Bakti Mulya 400, Pondok Indah, Jakarta Selatan Tahun 2015). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 60-70.
Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui pelatihan pembelajaran tematik sains menggunakan inquiry learning process dan science activity based daily life. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 29-35.
Aisiyah, L. N. (2014). Peningkatan keterampilan proses sains dasar dengan pendekatan open-inquiry. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI (PPs UNJ), 8.
Dewi, L. K., Munawar, M., & Diyah, D. P. (2019, December). ANALISIS KEMAMPUAN SAINS INQUIRY ANAK USIA DINI DI SENTRA IMTAQ. In Seminar Nasional PAUD 2019 (pp. 213-219).
Suyanto, S. (2016). Pengenalan Sains untuk Anak TK dengan Pendekatan “Open Inquiry”. Diakses pada tanggal, 23.
Sulastri, N., & Nina, K. PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS PADA ANAK USIA DINI (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB).
Published
2022-05-30
How to Cite
Nisfa, N., & Ali Putri, F. (2022). Pembelajaran Sains Inquiry pada Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 29-42. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.384
Section
Articles