Meronce sebagai Media Stimulasi Berpikir Simbolik Anak Usia Dini di KB Sari Rahayu Soneyan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam berpikir simbolik, khususnya dalam mengenal warna melalui kegiatan meronce di KB Sari Rahayu Soneyan Pati tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 anak kelompok A usia 4-5 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen penilaian perkembangan kemampuan mengenal dan membedakan warna serta meronce sesuai warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif anak dalam berpikir simbolik dari pra-siklus ke siklus II. Pada akhir siklus II, sebanyak 15 anak (83,3%) menunjukkan perkembangan sangat baik, melebihi indikator keberhasilan sebesar 82%. Dengan demikian, kegiatan meronce terbukti efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia dini dalam konteks pengenalan warna secara menyenangkan dan bermakna.
References
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
‘Aisyah, Hindun Nur. 2021. “Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak 10 (1): 42–49. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741.
Amini, Mukti. 2014. “Hakikat Anak Usia Dini.” Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf.
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini kelompok a (usia 4-5 tahun) dengan media pembelajaran lesung angka. Jurnal Ceria, 2(6), 354-58.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitafif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Firman, Walni, and Laode Anhusadar. “Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3.2 (2022): 28-37.
Harun Rasyid, Mansyur, & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo
Hasbin, Hasbi, Bahran Taib, and Umikalsum Arfa. 2021. “Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 3 (1): 77–89. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168.
Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi kemampuan berpikir simbolik melalui kegiatan meronce anak usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205-219.
Jannah, W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Bentuk Dan Warna Pada Kelompok B Tk Pertiwi Selong. Jurnal Pendidikan Dan Sain, 1(20), 274–282.
Khadijah, and Nurul Amelia. 2020. “Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508.
Krisna, M., Suryaningsih, N. M. A., & Prima, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce Berbantuan Bahan Alam. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Lestari, Putu Indah, and Elizabeth Prima. 2018. “Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA) 1 (November): 539–46. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.525.
Miyasih, Tri. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Warna Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita 2 Mojotengah Kedu Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 14 (2): 111–20. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.5523.
Nisfa, N., & Ali Putri, F. (2022). Pembelajaran Sains Inquiry pada Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 29-42.
Nurkhasanah, I., & Indrawati, I. Pengaruh Kegiatan Meronce Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Kelompok B di TK DW DIKNAS KOTA BENGKULU. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(2).
Nursyamsiah, H., Cendana, T. P., Rohaeti, E. E., & Alam, S. K. (2019). Kemampuan berpikir simbolik anak usia dini pada usia 5–6 tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 286-294.
Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212-217.
Ratna, Sri, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8 (3): 1737. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1737-1746.2022.
Rizal Pahleviannur, M., Saringatun Mudrikah, Sp., Hari Mulyono, Mp., Vidriana Oktoviana Bano, M., Muhammad Rizqi, Mp., Muhammad Syahrul, Mp., Nashrudin Latif, Mp., Ema Butsi Prihastari, M., Khurotul Aini, Mp., Zakaria, Mp., & Ns Hidayati, Mp. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN KELAS.
Rohaeni, H., Zultiar, I., & Munajat, A. (2021). Efektivitas Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4628-4632.
Sanjaya,Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :PRENADAMEDIAGROUP.
Sulasmi Darmaprawira. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni & Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumiyati, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.
Suyanto, 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen Dikti.
Thoyibah, M. Y., & Negara, T. D. W. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Matematika Di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(01), 13-25.
Utami, Novi Tri. 2023. “Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 6 (01): 43–52. https://doi.org/10.46963/mash.v6i01.692.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.