Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Hedonis Relasinya terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan E-Commerce
Abstract
Technological developments have an impact on changing people's lives. Hedonistic and consumptive lifestyles are variables that affect the high interest in using e-commerce. Students tend to behave consumpively to fulfill their hedonistic lives, this is done by utilizing e-commerce platforms. Students' consumptive behavior is related to fashion products which are always the main concern. This research was conducted to determine the relationship between consumptive behavior and hedonistic lifestyle to interest in using shopee e-commerce. The object of this research is students of the Faculty of Sharia and Islamic Economics, Mathali'ul Falah Pati Islamic Boarding School Institute with a sample of 77 students selected using the purposive sampling technique. Data analysis using Smart-PLS software. The results of this study concluded that students' consumptive behavior and hedonistic lifestyle had no effect on their interest in using shopee e-commerce.
References
Anggraeni, Ririn, & Sulis Mariyanti. 2014. Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi 12(1).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Endang Dwi. 2013. Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 1(2).
Aunillah, Niswatin, and Abdurrahman Faris Indriya Himawan. 2022. Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan 2(2).
Beyhaki, Zainul Arifin, and Edy Yulianto. 2017. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Daihatsu Xenia Periode Januari ± Desember 2014 Pada PT Daihatsu Jolo Abadi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 51
Febriarmahadini, Rochyati, and Eddy Suryadi. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa S1 Administrasi Bisnis Semester Akhir 2018-2019 Fakultas Ilmu Administrasi & Sekretari (FIAS) IBM ASMI. 3(12).
Ghozali, I. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irwan, and Khaeryna Adam. 2015. Metode Partial Least Square (PLS) Dan Terapannya (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone). Jurnal Teknosains, 9(1).
Lestarina, Eni et al. 2017.Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2).
Lina, and Haryanto F. Rosyid. 1997. Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus Of Control Pada Remaja Putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 2(4).
Lutfiah, Lutfiah, Muhammad Basri, and Heni Kuswanti. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi PPAPK FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3).
Mardiah, Ainil, and Hamdi Anugrah. 2020. Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan, dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Secara Online. Menara Ilmu, XIV(02).
Martha, Hartati, S, dan Setyawan, M. 2008. Correlation Among Self-Esteem with A Tandency Hedonist Lifestyle Of Students At Diponegoro Univercity. Journal of psychology.
Pangestika, Fifi Widya. 2022. Pemanfaatan Penggunaan E-Commerce Shopee Sebagai Media Promosi Online (Studi Kasus Sambel Cumiku Purwodadi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratiwi, Aceria Mega Putri, Ambok Pangiuk, and Muhammad Ismail. 2023. Pengaruh Jual Beli Online E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Milenial Di Kecamatan Belitang. Journal Of Management And Creative Business 1(2).
Purnomosidi, Faqih, Sri Ernawati, Dhian Riskiana, and Jagad Banabsyah. 2022. Perilaku Konsumtif Anak Kos Pada Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Talenta Psikologi 11(2).
Puspasari, Heny, and Weni Puspita. 2022. Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Farmasi Sains dan Terapan, 9(1).
Putri, K. P. 2009. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja. Journal of Applied Psychology.
Rachmawati, Aulia Lailatul. 2019. Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Prodi Manajemen Universitas Tidar). Jurnal Online Mahasiswa Manajemen, 1(1).
Sari, Diyah Chandra Kartika, and Setya Chendra Wibawa. 2017. Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Ngraho. Jurnal IT-EDU, 2(1).
Singarimbun, and Effendy. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.
Soraya, Iin. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, VI(1).
Susanti, D. 2011. Gaya Hidup Pengguna Telepon Seluler Blackberry. Jurnal Manajemen Bisnis. Malang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah, 1(2)
Susanti, Lilya. 2016. Modul Metode Penelitian. Universitas Brawijaya.
Susanto, Angga Sandy. 2013. Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Jurnal JIBEKA, 7.
Widhiarso, Wahyu. Estimasi Reliabilitas Pengukuran Dalam Pendekatan Model Persamaan Struktural. Yogjakarta: Universitas Gadjah Mada.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.