فعالية استخدام الوسيلة التعليمية علبة العربية العجيبة لتسهيل فهم التركيب النحوي بالمدرسة العالية روضة الشبان سكارجالاك

  • Isna Fadhilah -
Keywords: Instructional Media, Arabic Magic Box, Nahwu.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi Nahwu dan keefektifan media Arabic Magic Box dalam pembelajaran Nahwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data berasal dari kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang meliputi pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi Nahwu melalui observasi untuk menilai minat siswa terhadap materi tersebut. Pembelajaran dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data pendukung penelitian. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan rumus uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pre-test terendah siswa sebesar 5, nilai tertinggi sebesar 85, dan nilai rata-rata sebesar 51. Nilai post-test terendah siswa sebesar 70, nilai tertinggi sebesar 100, dan nilai rata-rata sebesar 86,4. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan pengambilan keputusan dengan nilai signifikansi < 0,05, hipotesis diterima, dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. Dengan menelaah kriteria pengambilan keputusan dalam pengujian hipotesis uji Wilcoxon, maka diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Arabic Magic Box efektif dalam memperlancar tugas-tugas di kelas.

References

Arsyad, A. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Laili Hajriah Simamora, Humaidah Br. Hasibuan, and Z. L. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2).
Malibary, A. A. (1976). Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Agama RI.
Rosyid, A. W. (2009). Media Pengajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.
Sudijono, A. (n.d.). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sudijono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidkan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Taufik. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab (Metode Aplikatif dan Inovatif Berbasis ICT). Surabaya: PMN.
إسماعيل، ب. ح. (2013). استراتيجيات تدريس اللغة العربية. عمان: دار المناهج.
الطاهر، ع. ج. (1984). تدريس اللغة العربية. بيروت: دار الرائد العربي.
الهاشمي، ا. أ. (2009). القواعد الأساسية للغة العربية.
Published
2024-10-31
Section
Articles