Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

  • Dhian Nuri Rahmawati UST
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Dwi Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Fajariyani Fajariyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Suliyanti Suliyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Keywords: Penilaian Aktivitas, Quizizz, Minat, Konsentrasi

Abstract

Proses penilaian belajar siswa merupakan komponen penting sebagai upaya memperoleh informasi capaian pembelajaran. Pemanfaatan teknologi (komputasi) membuat proses ini lebih efektif. Quizizz menjadi salah satu platform yang diharapkan mampu menarik minat, dan menambah konsenterasi siswa.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kondisi minat dan konsentrasi belajar siswa kelas VI di SDN Banjarharjo. Penelitian ini menggunakan berbagai insturmen untuk mengumpulkan data (1) lembar obeservasi, (2) kuesioner/angket respon peserta didik; (3) lembar pedoman wawancara  sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik.  Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa aplikasi Quizizz dapat meningkatkan minat dan konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal penailian untuk mencapai hasil yang maksimal.

References

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X Ipa 7 SMA Negri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS.
Astini, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. Vol. 11 No. 2
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Salsabila, U. H., Habiba, I. S. ., Amanah, I. L. ., Istiqomah, N. A. ., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Imania, K.A., & Bariah, S.K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Daring. Jurnal IPTEK. Vol 5 No. 1.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkul. Jurnal Kependidikan 2.2
Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5(1). Number 1
Kunandar. (2014). Penilaian Hasil Balajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Unutuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegoro. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6.(1).
Permendikbud No 22. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Peraturan Menteri dan Kabudayaan.
Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., & Walid, A. (2020). Penilaian Sikap Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media WhatsApp. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physich. 2(2).
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta :Bumi Aksara.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. (2007). Model – model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustala
Ulhusna, M., Dewimarni, S., & Rismaini, L. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagi medaiPembelajaran berbasis Digital pada Masa Pandemi. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Wahidmurni, Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha litera
Published
2022-02-25
How to Cite
Rahmawati, D., Nisa, A., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Most read articles by the same author(s)