Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract
Proses penilaian belajar siswa merupakan komponen penting sebagai upaya memperoleh informasi capaian pembelajaran. Pemanfaatan teknologi (komputasi) membuat proses ini lebih efektif. Quizizz menjadi salah satu platform yang diharapkan mampu menarik minat, dan menambah konsenterasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kondisi minat dan konsentrasi belajar siswa kelas VI di SDN Banjarharjo. Penelitian ini menggunakan berbagai insturmen untuk mengumpulkan data (1) lembar obeservasi, (2) kuesioner/angket respon peserta didik; (3) lembar pedoman wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa aplikasi Quizizz dapat meningkatkan minat dan konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal penailian untuk mencapai hasil yang maksimal.
References
Astini, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang. Vol. 11 No. 2
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Salsabila, U. H., Habiba, I. S. ., Amanah, I. L. ., Istiqomah, N. A. ., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Imania, K.A., & Bariah, S.K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Daring. Jurnal IPTEK. Vol 5 No. 1.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkul. Jurnal Kependidikan 2.2
Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5(1). Number 1
Kunandar. (2014). Penilaian Hasil Balajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Unutuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegoro. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6.(1).
Permendikbud No 22. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Peraturan Menteri dan Kabudayaan.
Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., & Walid, A. (2020). Penilaian Sikap Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media WhatsApp. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physich. 2(2).
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta :Bumi Aksara.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. (2007). Model – model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustala
Ulhusna, M., Dewimarni, S., & Rismaini, L. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagi medaiPembelajaran berbasis Digital pada Masa Pandemi. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Wahidmurni, Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha litera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.