Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PAKADES terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model PBL berbantuan media Papan Perkalian Desimal (PAKADES) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one group sample t-test. Sampel penelitian adalah kelas V SD 5 Gondangmanis yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal pemahaman konsep berbentuk essay sedangkan instrumen nontes berupa pedoman angket pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan pemahaman konsep sebelum tindakan (pretest) menunjukan rata-rata sebesar 52 dengan jumlah siswa yang tuntas 5 siswa atau 22% termasuk dalam kategori belum memenuhi KKTP, setelah dilakukannya tindakan penggunaan model PBL berbantuan media PAKADES hasil posttestl menunjukan rata-rata sebesar 86 dengan jumlah siswa yang tuntas 19 siswa atau 82% yang termasuk pada kategori sudah memenuhi KKTP. Hasil uji one sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,241 artinya sig > 0,05 maka Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen tidak sama dengan KKTP (78). Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya sig > 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa model PBL berbantuan media PAKADES efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada elemen matematika kelas V SD 5 Gondangmanis. Hasil uji n-gain menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dari pretest ke posttest atau setelah dilaksanakan pembelajaran dengan PBL berbantuan media PAKADES. Selanjutnya dilakukan perhitungan rata-rata sehingga didapatkan rata-rata n-gain siswa kelas V SD 5 Gondangmanis sebesar 0,62 yang berada pada kriteria n-Gain sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model PBL berbantuan media PAKADES efektif diterapkan pada pembelajaran untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
References
Armadhani, R., & Utama, C. (2024). Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi melalui Media Pembelajaran Konkret, Video, dan PPT Interaktif pada Kelas 5 SD. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(4), 421–427. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427
Aslami, A. D., KHB, M. A., & Endah H, D. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627
Aydin, Y. (2014). The Effects of Problem Based Approach on Student’s Conceptual Understanding in a University Mathematics Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152(September 2013), 704–707. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.307
Dolmans, D. H. J. M., Loyens, S. M. M., Marcq, H., & Gijbels, D. (2016). Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Advances in Health Sciences Education, 21(5), 1087–1112. https://doi.org/10.1007/s10459-015-9645-6
Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7432
Gonzalez-Argote, J., & Castillo-González, W. (2024). Problem-Based Learning (PBL), review of the topic in the context of health education. Seminars in Medical Writing and Education, 3, 57. https://doi.org/10.56294/mw202457
Harmaen, D., Dahlan, T., Rohimah, S. M., & Nurqodariyah, G. U. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 300–306.
Imkhala, M. F., Supandi, & Purwanto. (2024). Analysis of Mathematical Reasoning Ability on Quadratic Function Material of Junior High School Students in Terms of Initial Mathematics Ability (Ima). Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.36706/jls.v6i1.7
Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan Pembelajaran Metematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Kelas V Sd Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 163. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7791
Marta Towe, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Luas Permukaan Balok. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1364
Patriani, P. N., Rustika, P., & Hidayat, R. (2024). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (2019-2024). ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12864
Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001
Purwandaru, O. : (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Pakades: Papan Flanel Perkalian Desimal” Untuk Siswa Sd Development of Mathematics Learning Media “Pakades: Papan Flanel Perkalian Desimal” for Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 24, 7.
Putra, P., & Ikhsan, M. (2019). Mathematical Reasoning Ability and Learning Independence of High School Students Through Problem Based Learning Model. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 217–223. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.1596
Putri, P. O., Febriana, R., & Malini, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Wacana Akademika, 8(2), 142–150.
Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. 6, 1–8.
Ratuanik, M., Lolonlun, B., & Bacori, Z. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jurnal Eduscience, 9(3), 916–930. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3461
Riadi, R., Sinaga, B., & Syahputra, E. (2021). Analysis of the Difficulty of Understanding Concepts and Creative Thinking of Students in Mathematics through Problem-Based Learning in Students of SMA Angkasa Lanud Soewondo. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1557
Şenyiğit, Ç., & Yüzüncü, V. (2021). the Effect of Problem-Based Learning on Pre-Service Primary School Teachers’ Conceptual Understanding and Misconceptions. International Online Journal of Primary Education (IOJPE), 10(1), 50–72. www.iojpe.org
Shishigu, A., Hailu, A., & Anibo, Z. (2018). Problem-based learning and conceptual understanding of college female students in physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 145–154. https://doi.org/10.12973/ejmste/78035
Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Prenadamed).
Umasugi, S. M., Sugiman, S., Jana, P., & Kraiviset, P. (2022). Realistic Mathematics Education (RME)-Based Learning Trajectory for Arithmetic Social Using Culinary Context of Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 985. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6176
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Penerapan Model Pbl Berbantuan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aksara Jawa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Banjarpanjang 1. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(September), 2142–2156.
Warmi, A., Wardono, & Waluya, B. (2024). Implementasi Media Animasi 3D Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 295–300. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.