Pengaruh Permainan Playdough Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh playdough terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan Kuantitatif sedangkan pendekatan penelitia yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group prestest-posstest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji-t menunjukkan nilai Sig (2-tailed) diperoleh nilai 0,001 karena nilai 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka nilainya signifikan, dengan pengambilan keputusan Ho ditolah dan H1 diterima. Dapat disimpulan bahwa playdough dapat berpengaruh terhadap perkembangan motoric halus anak usia dini umur 5-6 tahun di BKB PAUD Cempaka Jakarta Selatan.
References
Asri Rahmawati Dewi 2014 Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Tunagrahita Kelas I Kelas I Di SLB Sekar Teratai 1srandakan Skripsi Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Bambang Sujiono 2018 Metode Pembangunan Fisik Jakarta: Universitas Terbuka
Chica Haryani 2014 Penerapan Metode Bermain dengan Media Playdough dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan pada Skripsi Anak Usia Dini Bengkulu: Universitas Bengkulu
Kemendiknas Tahun 2017 Bidang Pembinaan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak Jakarta: Dirjen Pembinaan Pendidikan Dasar dan Menengah
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini 2015 Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Jakarta
Heni Primasari 2016 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Plastisin Pada Anak Kelompok B TKIT Nur Hidayah Surakarta Jurnal
Kartini Kartono 2011 Pengantar Metodologi Penelitian Sosial Bandung : Alumni, Edisi IV
Kartini Kartono 2011 Psikologi Anak Bandung : Mandar Maju
Kusumma, L Tri Wijaya Nata 2016 Aplikasi Komputer dan Pengolahan Data Pengantar Statistik Industri Malang: UB Pers
M Fadillah Pendidikan Anak Usia Dini Edutainment 2014 Jakarta: Kencan
Mayke S Tedjasaputra 2015 Play, Toys, and Games Jakarta : Grasindo
Pedoman PAUD 2010 Jakarta: Gema Persada
Mukhtar Latif, dkk 2015 Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana
Ni Isrowiyah 2017 Hubungan Aktivitas Bermain Plastisin Dengan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK SP 3 Suka Agung Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan Skripsi Bandar Lampung
Noni Novitasari 2017 Efektifitas Media Playdough Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA (Skripsi) Bandung : FIP UPI
Novan, Ardi Wiyani 2014 Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Yogyakarta: Gava Media
Rahyubi Heri 2012 Teori Pembelajaran dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Jakarta: Rineka Cipta
Pendampingan Pengembangan Anak Usia Dini Ramli 2015 Jakarta : Kemendiknas
Rika Raihanun 2016 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A1 Melalui Kegiatan Bermain Plastisin di TK Aisiyah Bustanul Athfal Skripsi Universitas Jember
Rosmala Dewi 2015 Ragam Permasalahan Anak Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kemendiknas
Rumini Sri 2013 Perkembangan Anak dan Remaja Jakarta: Rineka Cipta
Sri Handayani, dkk 2016 Penerapan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Semarang : Universitas Terbuka
Suarifqi 2018 Metode penelitian pendidikan Bandung: Perpustakaan Rahmat
Subana dkk 2015 Statistik Pendidikan Bandung: Setia Pustaka
Sugiyono 2015 Statistic for Research Bandung : Alphabet Metode Penelitian Pendidikan 2016 , Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Samsudin 2018 Pembelajaran Motorik di TK Jakarta: Litera
Sumantri 2015 Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Jakarta : Kemendiknas
Sumanto 2015 Pembinaan Kreativitas Seni Anak Taman Kanak-Kanak Jakarta: Kemendiknas, Ditjen Dikti, Dit.
Supardi 2013 Aplikasi Statistika Dalam Riset Jakarta : Pt Prima Ufuk Semesta Teori Pembelajaran Anak Usia Dini 2014 (Bandung: PT Juvenile Rosdakarya
Syamsu Yusuf dan Nani Sugandhi 2011 Student Development , Jakarta: Rajawali Press
Uyu Wahyudi 2010 Pengkajian Perkembangan Anak Usia Dini Bandung : Falah Production
Yanuar Rahman, Devi Azhar 2016 Play Time Jakarta : Elex Media Komputindo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.