Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai
Abstract
Mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memperoleh data serta informasi tentang peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mewarnai. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penilaian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat persentase keberhasilannya sebesar 73% pada siklus 1 naik pada siklus 2 menjadi sebesar 100% dengan 3 orang anak yang mendapat nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 12 orang anak mendapat nilai BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun tindakan guru pada siklus ini dengan mengajarkan cara mewarnai menggunakan pensil warna mendapatkan nilai 100 sehingga kemampuan motorik halus anak pada siklus ini pada perkembangan dinyatakan sangat meningkat.
References
Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung : Rosdakarya Remaja.
Dimyati, Jhoni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada PAUD. Jakarta : Prenadamedia Group.
Latif, Muhtar dkk. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
Morrison, S George. (2012). Buku Dasardasar Pendidikan Anak Usia Dini. Penerjemah: Suci Romadhona dan Apri Widiastuti. Jakarta : PT Indeks.
Mulyani, Novi. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.
Olivia, Femi (2013). Gembira Bermain Corat-Coret : Coretan Warna-Warni Untuk Menstimulasi Otak Anak Sejak Dini. Jakarta : Gramedia.
Rasmitadila. (2014). Buku Aktivitas Anak : Melatih Motorik Halus Usia 3-6 Tahun. Jakarta : Media Pusindo.
Suririnah. (2013). Buku Pintar Mengasuh Batita. Jakarta : Gramedia.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Prenadamedia Group.
. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini : Konsep dan Teori. Jakarta : Bumi Aksara.
Suyadi, dan Maulidya Ulfah. (2016). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Umama. (2016). Pojok Bermain Anak. Yogyakarta : Stiletto Book.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.