Pendidikan Karakter Anak dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam Al-Ghazali
Abstract
Character education basically forms a noble nation. Good education and a religious environment will give birth to an education and religious generation. The book Ayyuhal walad is on of the works of imam al ghazali which contains about character education advice, this was addressed to one of his students who asked him for advice. Among the character education contained in the book are : religious values, tolerance, honesty, discipline, curiosity, responsibility and others. If this is applied to children, it is not only a moral message or mere advice but will form good character and a noble character, which will later become moral and civilized generations.
References
Asmani, J., M. (2013). Buku lPanduan lInternalisasi lPendidikan lKarakter lDi lSekolah l, Jogjakarta: lDiva lPress.
Creswell. J., W. (2013). Research lDesign: lPendekatan lKualitatif, lKuantitatif ldan lMixed l, Yogyakarta: lPustaka lPelajar.
Damayanti, Evi. (2019). lIstory lof lFilsafat lIslam, l Purwokerto: lIAIN lPurwokerto.
Jauhari, W. (2018). Hujjatul Islam Al-Imam Al-Ghazali, Jakarta: Rumah Fiqi Publishing.
Kesuma, D., dkk. (2016). Pendidikan Karakter : Kajian Teori Dan Praktik di Sekolah. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Khosi’in, N. (2021). Metode Penanaman Pendidikan Islam Anak Menurut Abdullah Nasih Ulwan. Jurnal Islamic Review.
Mu’ain, F. (2011). Pendidikan lKarakter: lKontruksi lTeoritik ldan lPraktik. Jogjakarta: lArRuzz lMedia.
Nafi, Muhammad. (2012). Pendidikan ldalam lKonsep lImam lAl-Ghazali, lSleman: lCV lBudi lUtama.
Nata, Abuddin. (2011). Studi lKomperensif, lJakarta: lKencana.
Qibtiyah, L. (2016). Perbandingan Pendidikan Moral Perspektif Islam dan Barat, Kuningan: Goresan Pena.
Sukardi. (2014). Metodologi lPenelitian lPendidikan: lKompetensi ldan lPrakteknya l, Jakarta: lBumi lAksara.
Sunarto, Achmad. (2014). Nasehat-Nasehat Lal-Imam Lal-Ghazali Lkepada Lpara Lmuridnya, lSurabaya: lMutiara Ilmu.
Wiyany, N., A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta : Teras.
Zuriah, N. (2009). Metodologi lPenelitian lSosial ldan lPendidikan lTeori-Aplikasi. Jakarta: lBumi lAksara.
Zamzam, A.,lF. (2015). Ayyual lWalad l(Wahai lanakku lyang lTercinta). Kalimantan: lDarusalam lYasin.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.