Pengembangan Media Pembelajaran Tas Pintar dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak di Lembaga Tk Se-Gugus Sakura Juwana Pati

  • Nur Fitri Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati, Indonesia
  • Nur Khosiin STAIMAFA Pati
  • Sumiyati Sumiyati Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati, Indonesia
Keywords: Inovasi media, Pembelajaran, Anak

Abstract

Penelitian pengembangan ini menujukan proses inovasi media pembelajaran tas pintar dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di lembaga TK Se-Gugus Sakura Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dilakukan dengan tahapan penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, tahap pengembanga, validasi oleh ahli dan guru, melakukan revisi berdasarkan saran para ahli,melakukan uji coba terbatas lalu melakukan revisi dengan tujuan untuk mengetahui kekurangan dan selanjutnya digunakan untuk memperbaiki produk kemudian uji coba lapangan. Sedangkan kelayakan media ini  dari hasil valiadasi ahli  materi, ahli media, validasi guru  mendapat persentase kelayakan. Sehingga berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran tas pintar layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di Lembaga TK Se-Gugus Sakura Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

References

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Astuti, “Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya”, Jurnal PGPAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Nomor. I/II/2016
Dewi, Meitha Furi dkk,”Pengembangan Media Pembelajaran Tas Pintar Pada Konsep Perkalian di SDN 1 PAPAYAN”, JPDN, Nomor. I/VI/2020
Hanafi, “Konsep penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”, Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 4,
No. 2:133. 2017.
Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almanshur, metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Malang: UIN- Malang Press, 2012.
Helmawati, Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: Rosda Karya, 2015.
Hindun, Nur‘Aisyah,. “Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak, Nomor. I/X/2021
Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya, Medan: Perdana Publishing, 2016
Muhammad Hasan, dkk, Media Pembelajaran, Klaten: CV. Tahta Media Grup, 2021.
Nurbaity, Salmiati dan Desi Mulia Sari, “Upaya Guru Dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Suatu Penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahman kota Banda Aceh)”, Journal, Nomor. I/III/2016.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Lampiran I
Purnama, Sigit., “Metode Penelitian dan Pengembangan”, Jurnal Literasi, Nomor. I/IV/2013.
Ramli, Muhammad, Media dan Teknologi Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Press, 2012.
Sanjaya Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Sit, Masganti., Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Depok: kencana, 2017
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
Susanto, Ahmad., Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda karya, 2010.
Wiyani, Ardy dan Barnawi, Format Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan, Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Gaung Persada, 2010.
Published
2024-11-30
How to Cite
Fitri, N., Khosiin, N., & Sumiyati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tas Pintar dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak di Lembaga Tk Se-Gugus Sakura Juwana Pati. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 113-128. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v3i2.1384
Section
Articles