Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Anak Usia Dini
Abstract
This study is conducted to determine the perceptions of parents about early childhood sex education, to describe the factors that are predicted to influence parents' perceptions of early childhood sex education in Sri Mulyo Hamlet, Purwodadi Village, Tebing Tinggi District, Tanjung Jabung Barat Jambi Regency. This study used a qualitative descriptive method with a phenomenological study approach. The data collection techniques were obtained from observation, interviews, and documentation.The results of this study indicate that: first, parents have the perception that sex education for early childhood is important to teach, parents argue that by being taught sex education from an early age, children can maintain the privacy of their bodies, can get used to positive things from childhood, understand when in a state of danger or threat, and so that later when child is an adult, the child can understand the pros and cons of sex, so child can be careful in socializing. The two factors that are predicted to influence parents' perceptions of early childhood sex education are experiences obtained by parents, environmental factors in which parents live, economic factors of parents, and educational factors and parental knowledge about age child sex education early.
References
Amaliyah, S & Nuqul, FL. (2017) “Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak”, Jurnal Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 4, No. 2:157-166, Malang: Desember.
Brooks, J. (2011) The Processo of Parenting, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryati , E dan Farida,A (2014) Parenting with Heart, Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka.
Dewi,VNL, dkk (2020) Save d’Kids Modul untuk Orang Tua, Salam Camp.
El-Qudsy, H (2012) Ketika Anak Bertanya Tentang Seks Panduan Islami bagi Orang Tua Mendampingi Anak Tumbuh Menjadi Dewasa, Solo: Tinta Medina, 2012
Halimah, H. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Minat Studi Lanjut Anak Perempuan ke Perguruan Tinggi di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Hamirul (2016) Perilaku Organisasi, Padang: Universitas Putra Indonesia.
Haryono, SE, dkk, (2018) “Implementasi Pendidikan Sex pada Anak Usia Dini di Sekolah”, Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, Vol. 3, No. 1: 24-34, Malang.
Islamiah, A. (2018). Dampak teknologi informasi terhadap perilaku keagamaan pada remaja di Menganti Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)
Kurniati, K. (2021). Peran Orangtua dalam Pendidikan Seksualitas Anak Studi Pada 3 Keluarga Di Kelurahan Malatunrung Kecamatan Wara Timur Kota Palopo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO).
Marcheline, S. (2021) Persepsi Siswa SMA di Kota Tangerang Selatan terhadap Pendidikan STEM dan Keterampilan Abad 21 (Bachelor's Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ndari, SS, dkk (2019), Metode Pendidikan Seksualitas di Taman Kanak-kanak (Panduan Praktis untuk Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual), Tasikmalaya: Edu Publisher.
Ni Kadek Suryani, dkk. (2019) Buku Ajar Perilaku Organisasi, Bali: Nilacakra.
Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Organizational behavior. Prentice Hall.
Slameto, (2020) Partisipasi Orang Tua dan Faktor Latar Belakang yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA, Surabaya: Qiara Media.
Zaenab,S (2014) Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing Pengantar
Manajemen Pendidikan Praktik, Teori, dan Aplikasi, Yogyakarta: Deepublish.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211208195408-20-731671/kemenpppa-kasus-kekerasan-anak-dan-perempuan-meningkat-di-2021
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.