Hubungan Antara Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Kesiapan Guru RA dalam Implementasinya di RA Se-Kecamatan Jaken
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kesiapan guru Raudhatul Athfal (RA) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Kecamatan Jaken. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah berasal dari angket yang diberikan pada seluruh guru RA di Kecamatan Jaken Kabupaten Pati yang berjumlah 34 orang. Hasil Penelitian memperlihatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,702 yang bermakna ada hubungan yang kuat antara pelatihan implementasi kurikulum merdeka dan kesiapan guru RA di RA Se-Kecamatan Jaken. Pelatihan tersebut memberikan kontribusi sebesar 49,3% terhadap kesiapan guru RA dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di Kecamatan Jaken. Hasil Uji t juga menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pelatihan implementasi kurikulum merdeka terhadap kesiapan guru RA dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di RA Se-Kecamatan Jaken. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan implementasi Kurikulum Merdeka sangat ditentukan oleh pelatihan yang diberikan kepada para guru.
References
Anggini, I. T., Riana, A. C., Suryani, D., & Wulandari, R. (2022). PENGELOLAAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 398–405. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i03.253
Anggraini, R., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin. Journal of Education Research, 5(3), 3514–3524.
Aulia, R., & Andini, P. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka: Perspektif Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3), 81–89.
Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906.
Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan berbasis merdeka belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393–401.
Hasibuan, A. S., Nelwati, S., & Mardison, S. (2020). Hubungan kesiapan dengan prestasi belajar peserta didik. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(1), 37–43.
Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2023). In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 160–166.
Ishlahiyah Afhami, & Ismail Murzaki. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Di UPT SD Negeri 40 Gresik. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(4), 252–262. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i4.931
James P. Chaplin, & Kartini Kartono. (2014). Kamus Psikologi (Ed. 1, cet. 16). Rajawali.
Kemenag. (2022). KMA 347 TAHUN 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Manggangantung, J., & Sabanari, R. P. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. DIKSAR: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 31–42.
Melisa, M. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 3(1), 443–462.
Rafikayati, A., Badiah, L. I., Alifah, F. D., & Salsabila, I. B. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Inklusi. Kanigara, 2(2), 478–485.
Salsabila, M. H., & Wiarsih, C. (2024). KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 2 KALIMANAH WETAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 337–346.
Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). PENGARUH REFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA TEHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389–395. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748
Tuerah, R., & Tuerah, J. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19). https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Wardhani, Y., & Kiptiyah, S. M. (2024). Analisis kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 5 Mendenrejo Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2023/2024. Elementary School Teacher, 7(2), 76–90.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta:
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lisensi :
Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini diterbitkan berdasarkan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.