Kemampuan Literasi Digital Santriwati Dalam Mengakses Informasi Digital Pada Ponpes YPMI Al-Firdaus Semarang

  • Salwa Najla Jinan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Hasna Azhaari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Wahyuni Wahyuni Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nelsy Kumala Putri Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Keywords: Digital Literacy, Information Digital, Internet

Abstract

Digital literacy is a form of ability to obtain, understand and use information derived from various sources. People are faced by very rapid technological developments so they are required to sort and choose information that suits reality. Many people are hesitant about various kinds of media information so that they are not sure that the news is true or not so digital literacy is needed. This study used qualitative research, data obtained through observation, documentation and interviews. The results of research on the digital literacy skills of YPMI Al-Firdaus Semarang students can be seen from the ability to use the website and social media of pesantren.

References

A’yuni Qurratun Qory. 2019. Literasi Di Kota Surabaya. Studi Deskriptif Tingkat Kompetensi Literasi Digital.
Anonim. (2005). Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia. www.sejarahinternet.comDiakses 18 Maret 2023 pukul 23.34.
Hardjito. 2005. Internet untuk Pembelajaran.http://www.p ustekkom.go.id.Diakses 18 Maret 2023 pukul 23.19.
Hunasoit, Hildayat Raudah. (2014).” Perpustakaan Dan Penyebaran Informasi”. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, Vol.8 No 2.Hlm 177-185.
Maharani, Verisha Erina. Djuwita , Amalia.(2020). “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintahan Kota Semarang”. E-Procceding Of Management, Vol 7 No 2.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Naufal Attallah, Haickal. 2021. Literasi Digital. Jurnal Perspektif. Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali.
Pibriana, D dan Ricoida, D.I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus: Perguruan Tinggi di Kota Palembang). Jatisi, Vol. 3 No.2.
Prisgunanto Ilham. 2018. Pemaknaan Arti Informasi Di Era Digital. Jurnal Wacana. Vol 17 No. 2
Rahman, Denial.(2021). ”Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Informasi”. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi.
Restianty Ajani. 2018. Literasi, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan. Vol. 1, No. 1.
Sasmita. Rimba Sastra.(2020) “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar“. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,Vol 2 No 1.
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. V, No. 2
Sasmita. Rimba Sastra.(2020) “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar“. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,Vol 2 No 1.
Setyaningsih Rila. 2019. Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-learning. Jurnal Aspikom, Vol. 3, No. 6.
Sitti, Husaebah Pattah.(2014). “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Vol 2 No 2,hal 117-128.
Wawancara dengan Alfayatna, Lurah Pondok Pesantren Putri Al-Firdaus Semarang, (Kamis, 16 Maret, 2023) Pukul 10.00 WIB.
Published
2023-11-29
How to Cite
Jinan, S., Azhaari, H., Wahyuni, W., & Kumala Putri, N. (2023). Kemampuan Literasi Digital Santriwati Dalam Mengakses Informasi Digital Pada Ponpes YPMI Al-Firdaus Semarang. Mu’ashir: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 1(2), 189-214. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/muashir.v1i2.780