Implementasi Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Sowan Kidul tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis pre experimental design yang jenisnya one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 18 peserta didik kelas IV SDN 1 Sowan Kidul. Data tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan analisis linier regresi sederhana. Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata tentang hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Dilihat dari nilai rata-rata pretest peserta didik sebesar 57,83 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 73,22. Kenaikan nilai pretest dan posttest sebesar 15,39. Hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay sangat efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik.
Kata Kunci: model pembelajaran course review horay, hasil belajar, IPA
References
Aitahan, Y., Indawati, N., & Delawanti, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 184–191.
Caraka, R. E., & Sugiarto, S. (2017). Path analysis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 212–219.
Elfiana, U. M., Widiyono, A., & Zumrotun, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Alim (Alat Indra Manusia) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Tunahan Jepara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 523–527.
Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (crh) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas vii smp negeri rantau selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 5(1), 11–15.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena, 71–72.
Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy melalui Lesson Study. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91.
Rusmono, R. (2012). Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Ghalia Indonesia.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widiyono, A. (2021a). Penerapan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Lms Pada Mahasiswa Prodi Pgsd. Prosiding Seminar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, 3, 12–21.
Widiyono, A. (2021b). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 183–193.
Yanayanti, N. K. A. T., Putra, D. B. K. N. S., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 196–209.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.