Kegagalan Pembelajaran Tematik pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan metode dalam pembelajaran yang menghubungkan dan mengintegrasikan materi pendidikan dari satu bidang atau lintas disiplin ilmu dengan tuntutan dan harapan lingkungan sosial keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi permasalahan kesenjangan antara realita dengan idealita dalam pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, artikel, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kegagalan pada pembelajaran tematik di jenjang sekolah dasar terjadi karena faktor guru dan siswa. Faktor guru karena adanya ketidaksiapan guru dalam menerima kurikulum baru (pembelajaran tematik), kurangnya perencanaan, serta alat dan bahan yang kurang mendukung. Sementara dari faktor siswa yakni kesulitan belajar karena materi terlalu banyak, siswa merasa bingung, dan pasif saat menjawab pertanyaan guru. Beberapa hal yang menghambat siswa untuk mempelajari topik tertentu, antara lain sikap, pemahaman, kepentingan, kapasitas intelektual, dan perhatian orang tua terhadap siswa.
References
Alnashr, M. S. (2018). Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2959
Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 1V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851–859.
Hadi, S., Kiska, N. D., & Maryani, S. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Tematik Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik di Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 2(3), 76–79. https://doi.org/10.37251/isej.v2i3.178
Hidayat, M., Kresnadi, H., Auliya, D., Ghasya, V., Info, A., & Value, C. (2022). Korelasi Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(6), 199–206. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55339
Junissa, T., & Siti Quratul Ain. (2022). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 141 Pekanbaru. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), 55–64.
Magdalena, I., Kauniyah, N., & Nurfalah, K. (2021). Metode dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Dangdeur 1. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 89–100.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Sage.
Ningsih, T., & Aziz, M. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 265–277.
Sairah, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Sistem dalam Jaringan di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Karangmangu 02. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1–6. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53369
Sari, I. K., & Astuti, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring Dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1717–1723.
Suastika, I. N. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Idealisme dan Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan …, 10(2), 291–300.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2021). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.
Surahman, S. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Madrasah Ibtidaiyah. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 389–398.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 1 Malang. Elementary School Education Journal, 2(1), 78–88.
W, S. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Wandini, R. R., Lbs, J. F., Azzuhro, M., Bahri, M. F. C., & Sima, S. (2022). Model Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume, 4(3), 2005–2013.
Yathasya, D. (2021). Analisis Hasil Belajar Terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 29–33. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.186

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.