Kegagalan Pembelajaran Tematik pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

  • Muhammad Maskur Musa Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mei Rahmawati Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Kegagalan Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan metode dalam pembelajaran yang menghubungkan dan mengintegrasikan materi pendidikan dari satu bidang atau lintas disiplin ilmu dengan tuntutan dan harapan lingkungan sosial keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi permasalahan kesenjangan antara realita dengan idealita dalam pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, artikel, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kegagalan pada pembelajaran tematik di jenjang sekolah dasar terjadi karena faktor guru dan siswa. Faktor guru karena adanya ketidaksiapan guru dalam menerima kurikulum baru (pembelajaran tematik), kurangnya perencanaan, serta alat dan bahan yang kurang mendukung. Sementara dari faktor siswa yakni kesulitan belajar karena materi terlalu banyak, siswa merasa bingung, dan pasif saat menjawab pertanyaan guru. Beberapa hal yang menghambat siswa untuk mempelajari topik tertentu, antara lain sikap, pemahaman, kepentingan, kapasitas intelektual, dan perhatian orang tua terhadap siswa.

References

Agustina, R. N., & Erviana, V. Y. (2020). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Karangwaru. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(3), 223–234. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.3142
Alnashr, M. S. (2018). Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2959
Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 1V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851–859.
Hadi, S., Kiska, N. D., & Maryani, S. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Tematik Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik di Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 2(3), 76–79. https://doi.org/10.37251/isej.v2i3.178
Hidayat, M., Kresnadi, H., Auliya, D., Ghasya, V., Info, A., & Value, C. (2022). Korelasi Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(6), 199–206. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55339
Junissa, T., & Siti Quratul Ain. (2022). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 141 Pekanbaru. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), 55–64.
Magdalena, I., Kauniyah, N., & Nurfalah, K. (2021). Metode dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Dangdeur 1. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 89–100.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Sage.
Ningsih, T., & Aziz, M. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 265–277.
Sairah, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Sistem dalam Jaringan di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Karangmangu 02. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1–6. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53369
Sari, I. K., & Astuti, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring Dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1717–1723.
Suastika, I. N. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Idealisme dan Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan …, 10(2), 291–300.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2021). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.
Surahman, S. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Madrasah Ibtidaiyah. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 389–398.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 1 Malang. Elementary School Education Journal, 2(1), 78–88.
W, S. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Wandini, R. R., Lbs, J. F., Azzuhro, M., Bahri, M. F. C., & Sima, S. (2022). Model Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume, 4(3), 2005–2013.
Yathasya, D. (2021). Analisis Hasil Belajar Terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 29–33. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.186
Published
2022-08-26
How to Cite
Musa, M., & Rahmawati, M. (2022). Kegagalan Pembelajaran Tematik pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 141-150. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.472
Section
Article