Penilaian Pembelajaran Tematik Berbasis Portofolio Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah

  • Irma Nur Af'idah Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
  • Ma'rufah Ma'rufah MI Manbaul Falah
Keywords: Penilaian Portofolio, Pembelajaran Tematik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian portofolio di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualiatif. Subyek penelitian adalah guru kelas V dan  peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati. Objek dalam penelitian ini adalah penilaian portofolio kelas V. Waktu penelitian adalah April 2022. Teknik pengambilan data dengan  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) isi penilaian portofolio yang terdapat dalam muatan pelajaran, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, dan Seni Budaya adalah tugas individu dan tugas kelompok; (2) Kriteria dalam penilaian portofolio yang dilakukan di kelas V Madrasah Ibtidiyah Gerit Cluwak Pati mendasar pada kritera penilaian yang ada dalam kurikulum dan RPP; (3) Guru memiliki buku penilaian sendiri sehingga pencapaian yang diperoleh oleh peserta didik tersusun secara rapi dan jelas.

References

Azizah, L. & Alnashr, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. 2(1).
Gandasari, Maharani, F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 15(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji
Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik yang Ideal di SD/MI. Jurnal Ditnaga Dikti. 3(1). https://core.ac.uk/download/pdf/290030713.pdf
Hart, D.J., dan Craine, L.E. (1997).Organic Chemistry A Short Course, 9th edition. New Delhi:S. Chand & Company Ltd.
Hidayani, M. (2016). Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam. 15(1). http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v15i1.292
Hidayaturrido, 1. Lasmawan, A. & Marhaeni. (2013). Pengaruh Metode Penilaian portofolio dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VISDN 4 Masbagik Selatan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jakarta: Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha. 3(1). https://media.neliti.com/media/publications/121132-ID-pengaruh-metode-penilaian-portofolio-dal.pdf
Ichwan, M. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Kelas VII Semester Ganjil. Universitas Negeri Surabaya. 1(1). https://media.neliti.com/media/publications/241451-pengembangan-instrumen-penilaian-portofo-40eb919b.pdf
Karli, H. (2016). Penerapan pembelajaran SD di Indonesia. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752
Lopo, Retno, Jeki, K., Masitoh, S., & Hariastuti, Retno, T. (2020). Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf. Junal Pelita PAUD. 4(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.970
Magdalena, I., Saputri, Aulia, E., Mutia,& Dara, Suci, D. (2020) Penilaian Berbasis Kelas Dan Portofolio Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Karang Tengah 2. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal IAIN Metro. 4(1). https://core.ac.uk
Munawati, S. (2016). Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Skripsi: eprint UNY. http://eprints.uny.ac.id/44665/
Nurkhayati & Santi, Apri, Utami. P. (2017). Pengaruh Model Tematik terhadap Kreativitas Guru dalam Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Jagaskara. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD. 1(2). jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika
Rochmah,A.F. (2018). Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Skripsi: eprint UMS. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/61884
Sari, Novika, A., Akbar, S., Yuniastuti. (2018) Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian. & Pengembangan. 3(12). http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Setiamihardja, Realin. (2017). Penilaian Portofolio Dalam Lingkup Berbasis Kompetensi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 3(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2806
Sudrajat, D. (2016). Portofolio: Sebuah model penilaian dalam kurikulum berbasis kompetensi. Jurnal Intelegensia. 1(2). https//ejournal.unikarta.ac.id
Sukanti. (2010). Pemanfaatan Penilaian Portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.952
Trimayeti, P. & Zaiyasni. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(3). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/749/673
Widyaningrum, R. 2012). Model Pembelajaran Tematik. MI/SD. Cendika: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan. 10(1). 10.21154/cendekia.v10i1.405
Published
2022-08-27
How to Cite
Af’idah, I., & Ma’rufah, M. (2022). Penilaian Pembelajaran Tematik Berbasis Portofolio Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 171-182. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.469
Section
Article