Efektifitas Media Smart Card (Kartu Pintar) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media smart card (kartu pintar) pada pembelajaran tematik di MIN 2 Kota Padang. Penelitiannya merupakan lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 38 orang, 2 Guru Kelas IV dan kepala MIN, serta sumber data yang lainnya. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media smart card pada pembelajaran tematik dilakukan dengan permainan tepuk kartu dengan langkah-langkah yang telah ditentukan, adapun kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan media smart card ini adalah adanya keterbatasan waktu untuk menyiapkannya sehingga hanya digunakan untuk beberapa pembelajaran saja. Peran media smart card pada pembelajaran tematik adalah sebagai media yang dapat membuat peserta didik lebih aktif berinteraksi, membuat suasana kelas lebih kondusif, mempermudah guru dalam penyampaian materi, memudahkan peserta didik mengingat dan memahami materi, serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga media smart card dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran tematik.
References
Alfinikmah, W. (2016). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri Gugus Bima Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung, Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Anggito, S. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Arikunto, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asmarawati, N. A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Karakter dengan Media Kartu Pintar Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Patangpuluhan Yogyakarta, Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.
Asnawir & Usman, B. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1-12.
Bungin, B. (2013). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana
Chrisnawati, H. E., Usodo, B., Pramesti, G., & Sutopo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Desain Tematik: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dan Kemampuan Pengelolaan Kelas bagi Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013. JMME, 6(2).
Frasandy, R. N. (2017). Integrative thematic learning (integration model of general subjects in (Islamic) elementary school with religious values). Elementary: Islamic Teacherc Journal, 5(2)
Ibadullah, M. & Kadarwati, A. (2017). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik. CV Media Grafika.
Lubis, M. A. (2019). Pembelajaran Tematik SD/MI Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis HOTS. Samudra Biru.
Manisa, E. A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match Circle Untuk Kelas 3 SD. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mardiyah, S. (2019). Peningkatan Pemahaman Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 1 Peserta didik Kelas IV A Melalui Model Pembelajaran CTL Di Minu Waru II Sidoarjo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Miarso, Y. (2010). Teknologi Komunikasi Pendidikan Pengertian Dan Penerapannya Di Indonesia. Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali.
Moelong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya
Mukhlis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1)
Permatasari, T. R., Febriani, A. R., Purnamasari, A. D., Kusuma, I. J, & Festiawan, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Perwasitan Bola Basket. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1).
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogy Jurnal Diklat Teknis, 4(2).
Rosyidi, A. W. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Malang Pers.
Sadiman, A. S., Rahardjo, Haryono, A., & Harjito. (2019). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, Dan Keagamaan. Nilacakra.
Worowirastri E. D., Wahyu, P. U. I., & Ika K. D. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 17–25. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4906

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.