Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

  • Syafa'atul Khusna Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Lailatul Mufridah Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ni'matu Sakinah Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Aan Fadia Annur Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Gerakan literasi sekolah, Minat baca, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasikan perencanaan dan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah serta hambatan dan pendukung dalam implementasi program tersebut. Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Salakbrojo dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas. Dalam pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah kepala sekolah memiliki andil yang sangat besar mengingat kebijakan pemerintah memperbolehkan setiap lembaga sekolah mengembangkan program-program yang telah disepakati oleh pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program gerakan literasi di SD Negeri Salakbrojo dapat meningkatkan minat baca siswa. Produk program Gerakan Literasi di SD Negeri Salakbrojo adalah kegiatan membaca buku 15 menit, membaca 3 surah dalam juz 30 selama 15 menit setiap pagi, dan kunjungan perpustakaan setiap jam istirahat.

References

Anggraeni, P. R., & Kunci, K. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca Pages 132-142 The Implementation of School Literacy Policy to Improve Reading Character. Ijsed, 1(2), 132–142.
Antika, R. R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul 'Izzah, Nganjuk" hal. BioKultur, III(1), 251.
Apriliyanto, R. D., & Sholeh, M. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Gerakan Literasi Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1).
Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746
Fanani, M. A., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2017). Faktor - Faktor Penghambat Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal FKIP UNILA, 5, 4.
Hadramaut, P. (2021). Gubahan Anak Bangsa: Naskah Sayembara Cerita Mini Nasional (T. C. Jejak (ed.); 1st ed.). CV Jejak.
Hamid, M. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.
Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817.
Ichsan, A. S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Islam. Al-Bidayah, 10(01), 69–88.
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873.
Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Ruslan, & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775.
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30.
Suharyat, Y. (2022). Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam (I. Muthi (ed.); 1st ed.). Penerbit Lakeisha.
Suryaningtias, I., Ardhyantama, V., & Puspitasari, I. (2020). Implementasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Budaya Membaca Siswa di SD Negeri Mentoro. 23, 1–9.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 25.
Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134
Winarsih, S. (2019). Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Language and Literature, 02(01), 48–54.
Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331
Published
2022-08-26
How to Cite
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101-112. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Section
Article