Pembelajaran Base Approve Environment sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran base approve environment (berbasis lingkungan) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berorientasi pada pemberian pengalaman secara langsung. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas 4 MI Tarbiyatul Islam Coper. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA kelas 4 MI Tarbiyatul Islam Coper di masa pandemi covid-19 melalui pembelajaran bauran (daring dan luring) berjalan cukup baik. Pembelajaran luring dengan base approve environment dilaksanakan di sekolah dengan cara guru mengenalkan objek tumbuhan yang hendak dipelajari kemudian siswa diminta guru mempresentasikan hasil belajarnya kepada teman-temanya. Sementara pembelajaran base approve environment secara daring menggunakan grub whatsapp dengan cara guru memberikan materi dilanjutkan pemberian tugas berupa video presentasi siswa terkait bentuk dan fungsi tubuh tumbuhan. Hasil penerapan pembelajaran base approve environment pada mata pelajaran IPA kelas 4 MI Tarbiyatul Islam Coper menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa baik pada ranah pengetahuan, keaktifan, kerjasama, maupun tanggung jawab dalam kelompok.
References
Antafani, H. D., & Purwanti, K. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media VBSC untuk Meningkatkan Penalaran Siswa SD/MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 149–162. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.299
Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP-IT AR Rahmah Pacitan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2).
Ghoni, A. A., Rouyani, S., & Putri, L. I. (2021). Media Audio Visual sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di MI Roudhotul Huda Sekaran Gunungpati. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 135–148. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.279
Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.
Meldina, T. (2019). Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211–219.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Sage.
Moelong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasir, M. F. A., & Prastowo, A. (2021). Pemanfaatan WhatsApp Group (WAG) sebagai Instrumen Penilaian Sikap Siswa MI Al-Islah Jepara di Masa Pandemi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 105–120. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.287
Purnamawati, H. I., Achivement, L., Ipa, O. F., & Learning, T. A. (2016). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Siswa Kelas V Sd N Deyangan 2 Improving Student Learning Achivement of Ipa Through a Learning P Rocess Dased on a School ’ S Neighborhood At 5Th Grade Students of Sd N.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.
Undang-Undang. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Utaminingsih, R. (2015). Pemanfaatan lingkungan sebagai laboratorium alam pada pembelajaran IPA SD. Trihayu, 2(1), 259106.
Wulansari, B. Y. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 95–105.
Zain, S. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan Di Smk Negeri Dungaliyo Dan Smk Swasta Almamater Telaga. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), 469–480.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.