Meta Analisis Penerapan Model Problem Base Learning pada Jenjang Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Syahrani Novia Siregar Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nasyariah Siregar Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Cantika Alisia Larastiti Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Husnul Abid Nurdin Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Hilyatul Kiroma Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Elsa Lestari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agus Lina Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Problem Based Leraning, Meta-Analisis, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya menjadikan pembelajaran tidak efektif. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui google scholar dan studi dokumentasi di perpustakaan. Sumber data penelitian dari 6 jurnal dan 2 skripsi mahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 8,9% mengalami peningkatan menjadi 83,3 % diperoleh rata-rata peningkatan sebesar 30%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ariyani, B. & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3)
Choden, T., & Kijkuakul, S. (2020). Blending Problem Based Learning with Scientific Argumentation to Enhance Students’ Understanding of Basic Genetics. International Journal of Instruction, 13(1), 445-462. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13129a
Colliver, J. A. (2000). Effectiveness of Problem-based Learning Curricula: Research and Theory. Academic Medicine, 75(3).
Febrianti, F., Asran, M., & Utami, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26165
Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publications.
Gunantara, G. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1).
Handayani, A. & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.
Isnawati, A. G. & Rahmadyanti, P. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Penerapan PBL pada Pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Nilai di SDN Kandangan III/621 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1326-1337.
Kusumawat, W. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pancaran Pendidikan, 4(4), 1-12.
Makmun, A. S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.
Mustofa, R. F., & Hidayah, Y. R. (2020). The Effect of Problem-Based Learning on Lateral Thinking Skills. International Journal of Instruction, 13(1), 463-474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13130a
Novianti, A. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.
Nuraeni, C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Ciputih 01. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar, 607-613.
Palupi, B. S., Subiyantoro, S., Rukayah, & Triyanto. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning (GIL) and Problem-Based Learning (PBL) for Explanatory Writing Skill. International Journal of Instruction, 13(1), 713-730. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13146a
Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93-101.
Rusmanto. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabet
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Suami. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206-214.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surya. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.
Tan, O. S. (2003). Learning Using Problems to Power. Seng Lee Press.
Tombokan, S. S. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4539955
Torres, A., Sriraman, V., & Ortiz, A. (2021). Comprehensive assessment of a project based learning application in a project management course. International Journal of Instruction, 14(3), 463-480. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14327a
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIIslamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. IAIN Metro Lampung.
Published
2022-08-27
How to Cite
Siregar, S. N., Siregar, N., Larastiti, C., Nurdin, H., Kiroma, H., Lestari, E., & Lina, A. (2022). Meta Analisis Penerapan Model Problem Base Learning pada Jenjang Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 183-192. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.443
Section
Article