Meta Analisis Penerapan Model Problem Base Learning pada Jenjang Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Abstract
Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya menjadikan pembelajaran tidak efektif. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui google scholar dan studi dokumentasi di perpustakaan. Sumber data penelitian dari 6 jurnal dan 2 skripsi mahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 8,9% mengalami peningkatan menjadi 83,3 % diperoleh rata-rata peningkatan sebesar 30%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Choden, T., & Kijkuakul, S. (2020). Blending Problem Based Learning with Scientific Argumentation to Enhance Students’ Understanding of Basic Genetics. International Journal of Instruction, 13(1), 445-462. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13129a
Colliver, J. A. (2000). Effectiveness of Problem-based Learning Curricula: Research and Theory. Academic Medicine, 75(3).
Febrianti, F., Asran, M., & Utami, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26165
Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publications.
Gunantara, G. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1).
Handayani, A. & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.
Isnawati, A. G. & Rahmadyanti, P. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Penerapan PBL pada Pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Nilai di SDN Kandangan III/621 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1326-1337.
Kusumawat, W. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pancaran Pendidikan, 4(4), 1-12.
Makmun, A. S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.
Mustofa, R. F., & Hidayah, Y. R. (2020). The Effect of Problem-Based Learning on Lateral Thinking Skills. International Journal of Instruction, 13(1), 463-474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13130a
Novianti, A. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.
Nuraeni, C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Ciputih 01. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar, 607-613.
Palupi, B. S., Subiyantoro, S., Rukayah, & Triyanto. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning (GIL) and Problem-Based Learning (PBL) for Explanatory Writing Skill. International Journal of Instruction, 13(1), 713-730. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13146a
Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93-101.
Rusmanto. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabet
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Suami. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206-214.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surya. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.
Tan, O. S. (2003). Learning Using Problems to Power. Seng Lee Press.
Tombokan, S. S. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4539955
Torres, A., Sriraman, V., & Ortiz, A. (2021). Comprehensive assessment of a project based learning application in a project management course. International Journal of Instruction, 14(3), 463-480. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14327a
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIIslamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. IAIN Metro Lampung.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.