Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar

  • Aisyah Sabilla Rahmi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Fatiya Rosyidah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ika Damayanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Shabrina Salsabila Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Istiningsih Istiningsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Guru Profesional, Kompetensi Guru, Karakter Siswa

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat tidak mampu menggantikan seorang guru sebagai pemegang tombak dalam mengembangkan sikap yang dimiliki oleh siswa. Seorang guru perlu mengambangkan profesionalitas guna mencapai karakter yang menjadi tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan oleh guru profesional dalam memahami karakter dari siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan data diperoleh melalui wawancara dan dilengkapi kajian literatur. Subyek dari penelitian ini adalah salah satu guru kelas V di SDN Brajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki kemampuan untuk memahami karakteristik siswa dilihat dari beberapa aspek seperti melakukan kontrak belajar, menggunakan berbagai metode pembelajaran serta memberikan pengajaran yang tepat terhadap setiap siswa. Dengan demikian guru telah mampu mengembangkan kemampuan sebagai guru profesional.

References

Akhwani & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basic Edu 5 (4). https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1119
Anitha, J., & Krishnaveni, R. (2013). Professional characteristics of an educator: A survey of literature. Journal of Management and Development Studies, 25(1), 1–22. https://doi.org/10.3126/jmds.v25i1.24934
Arifin, Z. (2014). Menjadi Guru Profesional (Isu dan Tantangan Masa Depan). Edutech, 13(1), 132. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3225
Arifudin, I. S. (2015). Peran Guru terhadap Pendidikan Karakter Siswa di Kelas V SDN 1 Siluman. PEDIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (2), 175-186
Atmadi, A. & Setiyaningsih, Y. (2004). Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Kanisius
Barlin, I. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar bagi Guru? Forum Sosial, Vol.6, 241-246.
Basri, H. (2013). Landasan Pendidikan. CV. Pustaka Setia
Compton, A., Crawley, J., Curtis, F., Douglas, A. S., Eaude, T., Jackson, A., Philpott, C., Plater, M., Powell, D., Sewell, A., College, B. B., & Vincent, K. (2019). What Are The Characteristics Of A Professional Teacher Educator? A Think Piece. Teacher Education Advancement. 11(2)
Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.
Djumiran. 2009. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Erlinayanti, A. (2012). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar, dan Etos Kerja Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru PKN di SMA Negeri di Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Sosial, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. 3, 139-144
Fridanianti, A. Purwati, H. & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP N 2 Pangkah ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Implusif. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(1), 11-20
Hadi, S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227-400

Hanafi, M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru dalam Bingkai Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Budaya 5 (1)
Hasanah, D. S. (2012). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Sikap Kreatif Siswa Kelas VIII di MTSN Gresik. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27-38.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.
Inah, Ety Nur. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. 8(2), 150-167
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At- Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga.
Jovanova-Mitkovska, S. (2010). The need of continuous professional teacher development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2921–2926. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.441
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1).
Lase, D. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43.
Mulyasa, E., Iskandar, D., & Aryani, W. D. (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Maharani, R. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Percaya diri dan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian Tindakan Kelas IV Sekolah Dasae Negeri 161 Sukapura Tahun Ajaran 2017/2018. FKIP UNPAS.
Makmun, S. S. & A. S. (2007). Perencanaan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Marno. (2009). Strategi dan Metode Pengajaran. Ar-ruzz Media
Moll, L. C. (ed). (1994). Vygotsky and Education: Instructional Implica-tions and Applications of Sociohis-torycal Psychology. University Press.
Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru pada MTSN 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87–96.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Pandey, P., & Pandey, M. M. (2015). Research methodology: Tools & techniques. Reigeluth, C. (1983). Instructional Design: What is It and Why is It? Dalam C.M. Reigeluth (Ed.), Instructional Design Theories andModels: an Overview of TheirCurrent Status. Lawrence Erlbaum Associates.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri.
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.
Sukmawati, S. (2016). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2).
Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Penerbit Kanisius.
Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa. 6 (1), 28.
Tichenor, M. S., & Tichenor, J. M. (2005). Understanding Teachers’ Perspectives on Professionalism. The Prefesional Educator, XXVII
Hoesny, M. U. & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2) 124
Walliman, N. (2011). Research Methods: The Basics. Routledge Taylor & Francis Group.
Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 6(No 2).
Yuliana. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Adaptasi Makhluk Hidup melalui Model Pembelajaran STAD Kelas VI SD N 2 Kauman. PINISI: Jurnal of Teacher Profesional, 2(3)
Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 5(2), 275.
Published
2022-08-26
How to Cite
Rahmi, A., Rosyidah, S., Mukhoyyaroh, F. R., Damayanti, I., Salsabila, S., & Istiningsih, I. (2022). Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 113-126. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.400
Section
Article