Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pengelolaan Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa

  • Alif Arfian Syah IPMAFA Pati
Keywords: komunikasi orang tua, siswa berkebutuhan khusus, pola komunikasi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam mengkomunikasikan pengelolaan siswa berkebutuhan khusus.  Metode yang digunakan adalah dengan metode kualitatif, dengan rencana penelitian studi kasus. Tempat penelitian ini di SLB Negeri Cendono Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam mengkomunikasikan pengelolaan siswa berkebutuhan khusus adalah melalui kelas orang tua berkomunikasi dengan guru bayangan, dan wali kelas berkomunikasi langsung dengan siswa orang tua. Strategi menggunakan pemanfaatan media elektronik seperti media sosial, buku penghubung serta pertemuan langsung dengan orang tua siswa, pemberdayaan guru bayangan dan perantara antara sekolah dengan orang tua, dan penggunaan beberapa media sebagai penghubung orang tua dengan sekolah.

References

Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis komparasi sistem pendidikan Indonesia dan Finlandia. Public Health, 27(6), 1–8.
Baumann, C., & Krskova, H. (2016). School discipline, school uniforms and academic performance. International Journal of Educational Management.
Bedell, G., Coster, W., Law, M., Liljenquist, K., Kao, Y.-C., Teplicky, R., Anaby, D., & Khetani, M. A. (2013). Community participation, supports, and barriers of school-age children with and without disabilities. Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, 94(2), 315–323.
Dalbudak, I., Gürkan, A. C., Yigit, S. M., Kargun, M., Hazar, G., & Dorak, F. (2016). Investigating Visually Disabled Students’ Attitudes about Physical Education and Sport. International Journal of Environmental and Science Education, 11(16), 9437–9447.
Day, T., & Prunty, A. (2015). Responding to the challenges of inclusion in Irish schools. European Journal of Special Needs Education, 30(2), 237–252.
Falkmer, M., Anderson, K., Joosten, A., & Falkmer, T. (2015). Parents’ perspectives on inclusive schools for children with autism spectrum conditions. International Journal of Disability, Development and Education, 62(1), 1–23.
HEWARD, W. (2005). Exceptional Children: An Introduction to Special Education. Séptima Edición. Nueva Jersey. Prentice Hall. rajeda, A.(2005). Estudio psicométrico del Test de matrices ….
Kowalski, T. J. (2011). Public relations in schools.
Miles, S., & Singal, N. (2010). The Education for All and inclusive education debate: conflict, contradiction or opportunity? International Journal of Inclusive Education, 14(1), 1–15.
Preston, J. (2011). Influencing community involvement in school: A school community council. McGill Journal of Education/Revue Des Sciences de l’éducation de McGill, 46(2), 197–212.
Qvortrup, A., & Qvortrup, L. (2018). Inclusion: Dimensions of inclusion in education. International Journal of Inclusive Education, 22(7), 803–817.
Saiful, S., & Asfarawenti, S. (n.d.). INTELLECTUAL CAPITAL AND BANKS PERFORMANCE: THE EMPIRICAL EVIDENCES FROM INDONESIAN ISLAMIC AND CONVENTIONAL BANKS. Research Journal of Business and Management, 6(3), 149–157.
Slavit, D., Nelson, T. H., & Lesseig, K. (2016). The teachers’ role in developing, opening, and nurturing an inclusive STEM-focused school. International Journal of STEM Education, 3(1), 7.
Sumarsono, R B, & Imron, A. (2017). Manajemen Hubungan dan Partisipasi Masyarakat di Sekolah. Universitas Negeri Malang.
Sumarsono, Raden Bambang, Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2016). Parents’ Participation in Improving the Quality of Elementary School in the City of Malang, East Java, Indonesia. International Education Studies, 9(10), 256–262.
Tjernberg, C., & Mattson, E. H. (2014). Inclusion in practice: a matter of school culture. European Journal of Special Needs Education, 29(2), 247–256.
Published
2022-02-25
How to Cite
Syah, A. (2022). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pengelolaan Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 91-100. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.349