Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas Satu Madrasah Ibtidaiyyah
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan literasi siswa terutama keterampilan membaca setelah sekian lama pembelajaran dilaksanakan secara daring, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan big book dalam kegiatan pembiasaan kelas 1 MI Darussalam Sumowono dalam bidang kemampuan literasi. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa Kelas I MI Darussalam Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah setelah guru memanfaatkan media big book untuk kegiatan membaca, kemampuan literasi siswa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis sangat baik, hal ini dibuktikan dengan keterampilan membaca lancar siswa kelas I MI Darussalam mencapai 65 % dalam kategori cukup, keaktifan siswa dalam unjuk kerja malalui diskusi kelompok, produk berupa buku kecil atau mini book serta evalauasi akhir mencapai 89.28 % dalam kategori baik.
References
Alnashr, M. S. (2018). Integrasi Pendidikan Siaga Bencana dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 6(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1779
Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2021). Pengembangan Big book Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 4, Nomer 1.
Badan Wakaf Indonesia. (2020). Laporan Hasil Survey Indeks Literasi Wakaf 2020. 1, 7–8.
Bahaudin, N. S., & Zaini. (2007). Al Qur’an dan Tafsirnya: Vol. X. UII Press Yogyakarta.
Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitafif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Dirwan, D., Bunyamin, B., & Umrah, S. (2018). Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq). AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 34–47.
Harras, K. A. (2011). Hakekat Membaca. Jakarta: Depdikbud PPGLTP.
Husna, M., & Sugito, S. (2021). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846–1858.
Ma’Arif, S. (2018). Education as a foundation of humanity: Learning from the pedagogy of pesantren in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), 104–123. https://doi.org/10.17499/jsser.58854
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60–78.
Oktavia, L. S. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar: Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. 5, 6.
Paramita, V., Hartati, I., & Rifiani, A. H. (2016). Prosiding SNST ke-7 Tahun 2016 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang 7. Prosiding SNST.
Pranyoto, Y. H. (2014). Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Jurnal Masalah Pastoral, 3(1), 19–19.
Pratiwi, E. (2019). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. 278–283.
Puspaningrum, R. D. (2015). Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar.
Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation and Learning Outcomes Through the Internet of Things; Learning in Pesantren. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084
Tim Pengembang Modul Pembelajarn PKB Guru. (2020). Modul Literasi. Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.