Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas Satu Madrasah Ibtidaiyyah

  • Siti Aisah IAIN Salatiga
  • Seta Rini Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Keywords: Media Big Book, Kemampuan Literasi

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan literasi siswa terutama keterampilan membaca setelah sekian lama pembelajaran dilaksanakan secara daring, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan big book dalam kegiatan pembiasaan kelas 1 MI Darussalam Sumowono dalam bidang kemampuan literasi. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa Kelas I MI Darussalam Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah setelah guru memanfaatkan media big book untuk kegiatan membaca, kemampuan literasi siswa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis sangat baik, hal ini dibuktikan dengan keterampilan membaca lancar siswa kelas I MI Darussalam mencapai 65 % dalam kategori cukup, keaktifan siswa dalam unjuk kerja malalui diskusi kelompok, produk berupa buku kecil atau mini book  serta evalauasi akhir  mencapai 89.28 %  dalam kategori baik.

References

Al Bukhori, A. A. bin I. (t.t.). Matn Bukhori Masykul: Vol. I. Dar al Ma’rifat.
Alnashr, M. S. (2018). Integrasi Pendidikan Siaga Bencana dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 6(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1779
Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2021). Pengembangan Big book Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 4, Nomer 1.
Badan Wakaf Indonesia. (2020). Laporan Hasil Survey Indeks Literasi Wakaf 2020. 1, 7–8.
Bahaudin, N. S., & Zaini. (2007). Al Qur’an dan Tafsirnya: Vol. X. UII Press Yogyakarta.
Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitafif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Dirwan, D., Bunyamin, B., & Umrah, S. (2018). Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq). AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 34–47.
Harras, K. A. (2011). Hakekat Membaca. Jakarta: Depdikbud PPGLTP.
Husna, M., & Sugito, S. (2021). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846–1858.
Ma’Arif, S. (2018). Education as a foundation of humanity: Learning from the pedagogy of pesantren in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), 104–123. https://doi.org/10.17499/jsser.58854
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60–78.
Oktavia, L. S. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar: Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. 5, 6.
Paramita, V., Hartati, I., & Rifiani, A. H. (2016). Prosiding SNST ke-7 Tahun 2016 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang 7. Prosiding SNST.
Pranyoto, Y. H. (2014). Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Jurnal Masalah Pastoral, 3(1), 19–19.
Pratiwi, E. (2019). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. 278–283.
Puspaningrum, R. D. (2015). Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan literasi informasi siswa sekolah dasar.
Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation and Learning Outcomes Through the Internet of Things; Learning in Pesantren. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084
Tim Pengembang Modul Pembelajarn PKB Guru. (2020). Modul Literasi. Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Published
2022-02-25
How to Cite
Aisah, S., & Rini, S. (2022). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas Satu Madrasah Ibtidaiyyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 67-78. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.348