Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 5
Abstract
Motivasi belajar berasal dari dalam diri siswa itu sendiri dan atau berasal dari luar diri siswa itu sendiri. Hal tersebut akan memaksa siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang secara nyata dan sukarela. Siswa yang memiliki motivasi belajar diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SD Darussalam Semarang. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala yang telah ditentukan. Data variabel x diambil menggunakan instrumen angket, sementara variabel y menggunakan data nilai pts matematika semester II. Hasil yang didapat adalah, motivasi belajar siswa kelas 5 SD Darussalam Semarang berada pada kategori baik. Diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar sebesar 59 terletak pada interval 57-62. Nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas 5 sebesar 71,5 terletak pada interval 68-75 termasuk dalam kategori cukup, sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SD Darussalam Semarang Tahun 2020/21. Hal ini dapat ditunjukkan dengan bukti hasil perhitungan nilai r observasi (ro) = 0,216 lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai r pada tabel (rt) = 0,374 pada taraf signifikan 5% dan rt 0,478 pada taraf signifikan 1%.
References
Departemen Agama RI. (2009). Al-Qur’an Tranliterasi Terjemah Indonesia. Cetakan ke-10. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Emda, Amna. (2017), Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Banda Aceh: Lantanida Journal. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh, Vol. 5, No. 2.
Fitriyah, Lailatul, dan Jauhar, Mohamad. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2014.
Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, JURNAL KEPENDIDIKAN, Magister Pendidikan Islam.
Rahmawati, Rima,. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi BelajarSiswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/ 2016 (Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.
Sardiman, (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,
Stanford, Fillmore H., (2017). Human Resource Management. dalam A.A Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-17. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata & Nana Syaodih. (2011) Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafi’i, Ahmad, Marfiyanto, T. & Rodiyah, S.K., (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi, JURNAL KOMUNIKASI ILMIAH, Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Sunan Giri Surabaya.
Yusuf, Syamsu. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Rosdakarya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.