Integrasi Konsep Ta’dib Al-Attas dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik pada Masa Pandemi
Abstract
Pada masa pandemi, dunia pendidikan harus mampu beradaptasi dengan tetap melakukan pembelajaran sesuai situasi dan kondisi. Penelitian ini mengambarkan Konsep Ta’dib Muhammad Naquib Al-Attas dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Ta’dib menurut Muhammad Naquib Al-Attas, konsepTa’dib titik tekan pada penguasaan ilmu yang benar dalam diri seseorang agar menghasilkan kemantapan amal dan tingkah laku yang baik yang berlandaskan keimanan. Konsep Ta’dib, pertama, sebagai kompetensi moral (akhlak) yang harus dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik, kedua, pembentukan kepribadian agar karakteristik psikologis seseorang yang berkaitan dengan kecendrungan untuk berhubungan sosial dengan orang lain, khususnya yang berkaitan dengan; keramahan, pengendalian diri, implementasi bisa dikatakan berhasil karena pendidikan adab yang diterapkan dalam kehidupan peserta didik, namun harus diakui juga dimasa pademik pendidikan Ta’dib mengalami sedikit kendala, seperti tingkat pendidikan, Lingkungan, Budaya, Tingkat sosial ekonomi dan pembelajaran Daring.
References
Antoni, S. (2017). Dewesternisasi Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Sayyid Muhammad Naquib Al-Attas). Jurnal Ilmiah AL-Jauhari (JIAJ), 2(1), 36–48.
Athoillah Islamy, N. I. (2020). Aktualisasi Nilai-nilai Profetik dalam Pendidikan Keluarga di Tengah Pandemi. Mawasizh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 11(2), 29–48.
Bayu, M., Sampurno, T., Mada, U. G., Kusumandyoko, T., Surabaya, U. N., Islam, M. A., Surabaya, U. N., & Branding, V. (2020). Budaya Media Sosial , Edukasi Masyarakat , dan Pandemi COVID-19. April. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Bayu, Y., & Rahmadina, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Karakter Kearifan Lokal Pada Masyarakat Pesisir. Edukasi, 14(2), 145–150.
Berg, B. L. (2004). Methods for the Social Sciences.
Dasar, D. I. S. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 16–25.
Hafid, A. (2016). Hubungan Sosial Masyarakat Multietnik Di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Al-Qalam, 22(2). https://doi.org/10.31969/alq.v22i2.353
Kaddi, S. M., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 63. https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3701
Lubis, S. (2019). Tinjauan Normatif Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Anti-Korupsi. Murabbi: Jurnal Ilmiah Dalam Bidang Pendidikan, STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, 02(01), 31–47.
Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 1–14. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1283
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 41–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
Mu’ammar, M. A. (2013). Internalisasi Konsep Ta’dîb Al-Attas dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Tsaqafah, 9(2), 357. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.57
Pulungan, S. (2011). Membangun Moralitas Melalui Pendidikan Agama. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 1412-5382,.
Putro, Khamim, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140.
Rahmat Rifai Lubis, dkk. (2020). Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara. Kutta: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.275
Retno Purnama Irawati dan Zaim Elmubarok. (2014). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa Sd Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 81–96. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179
Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801
Sabar Budi Raharjo. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.
Sholeh, A. (2014). Pemahaman Konsep Tasamuh (Toleransi) Siswa Dalam Ajaran Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 101–132. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3362
Sista, T. R. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Remaja ( Studi Kasus di Pesantren Modern Muadalah dan Pesantren Salaf / Tradisional ). At-Ta’dib, 13(2), 154–167.
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. AL-Ta Lim, 20(3), 480. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46
Suyuthi, A. (2011). TA ’ DIB SEBAGAI UPAYA REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYED NAQUIB AL-ATTAS. AL HIKMAH, 1(September), 156–169.
TamaraJessika, Sugiatno, Eka Yanuarti, Warsah, I., & Deri, W. (2020). Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi COVID-19. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 351–373.
Yadi Ruyadi. (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, November, 576–594.
Yenti Sumarni. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46–58.
Yunus, Nurseha, M. (2020). Culture of Siri’ in Learning Akidah Akhlak in MAN Suli Luwu District Budaya Siri’ dalam. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 01, 107–120.
Yusuf, M., Hamdani, Siregar, A. P., & Siregar, F. N. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Maslahah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.30596/maslahah.v
Zuhdi, M. H. (2012). Islam Dan Pendidikan Karakter Bangsa. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(1), 83–103.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.