Aktualisasi Nilai Hirs dan Amanah terhadap Perilaku Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA

  • Ulya Hariroh Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
Keywords: Aktualisasi Nilai, NDSA, Hirs, Amanah

Abstract

Nilai Dasar Shalih Akram (NDSA) merupakan nilai-nilai pesantren yang menjadi landasan pengembangan bagi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati. NDSA dengan 9 nilai + 1 harus diaktualisasikan dalam kehidupan kampus, termasuk bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana aktualisasi nilai Hirs  dan Amanah (bagian dari NDSA) terhadap perilaku mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA. Penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan penelusuran online untuk mengumpulkan data. Selanjutnya dilakukan analisis interaktif dengna teorinya Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi nilai hirs dan amanah dalam konsep NDSA terhadap perilaku mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA sudah diupayakan dengan ikhtiyar dari berbagai pihak. Adapun langkah-langkah aktualisasinya yakni dengan adanya keteladanan, kedisplinan, pembiasaan, serta program integrasi dan internalisasi.

References

Abidin, Z., & Khoiruddin, F. (2017). Penafsiran Ayat-Ayat Amanah dalam al-Qur’an. Syahadah, 5(2), 121.
Alnashr, M. S. (2019). Pendidikan Karakter ala Gus Dur: Representasi Pesantren dalam Mendidik Bangsa. Shahih, 4(1), 57–72. https://doi.org/10.22515/shahih.v4i1.1597
Aziz, M. I., & Dkk. (2012). Madrasah Para Kiai Refleksi Alumni Untuk Satu Abad PIM. KMF Yogyakarta.
Bungin, M. B. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi, Format-Format Kuantitatif, Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Chanifah, N., & Samsudin, A. (2019). Pendidikan Karakter Islami: Karakter Ulul Albab Dalam Al-Qur’an. CV Pena Persada.
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. CV. Jejak.
Ghofarrozin, A. (2012). Orasi Ilmiah Ketua STAI Mathali’ul Falah. Ipmafa.Ac.Id.
Isma’il, I. bin. (n.d.). Sarh Ta’limu al-Muta’alim. Alhidayah.
Jauhari, M. Agus. (2020). Wawancara.
Jauhari, Mohamad Agus, Nuraini, L., & Alnashr, M. S. (2019). Hubungan Kematangan Beragama Dengan Karakter Al-ḤIRṢ Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA Pati. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3105
KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring. Kemendikbud.
Ma’mur, J., & Dkk. (2012). Mempersiapkan Insan Sholih- Akrom: Potret Sejarah dan Biografi Pendiri-penerus Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati 1912-2012 (1 Abad). Perguruan Islam Mathali’ul Falah.
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Sage.
Nuraini, L. (2020). Wawancara.
Setiawan, M. L. (2019). Internalisasi Nilai Dasar Sholih Akram (NDSA) sebagai Upaya Pembentukan Moral Mahasiswa IPMAFA Pati. IAIN Kediri.
Widyaningsih, T. S., Zamroni, & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658
Published
2021-08-28
How to Cite
Hariroh, U. (2021). Aktualisasi Nilai Hirs dan Amanah terhadap Perilaku Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 177-192. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.291
Section
Article