Aktualisasi Nilai Hirs dan Amanah terhadap Perilaku Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA
Abstract
Nilai Dasar Shalih Akram (NDSA) merupakan nilai-nilai pesantren yang menjadi landasan pengembangan bagi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati. NDSA dengan 9 nilai + 1 harus diaktualisasikan dalam kehidupan kampus, termasuk bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana aktualisasi nilai Hirs dan Amanah (bagian dari NDSA) terhadap perilaku mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA. Penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan penelusuran online untuk mengumpulkan data. Selanjutnya dilakukan analisis interaktif dengna teorinya Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi nilai hirs dan amanah dalam konsep NDSA terhadap perilaku mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA sudah diupayakan dengan ikhtiyar dari berbagai pihak. Adapun langkah-langkah aktualisasinya yakni dengan adanya keteladanan, kedisplinan, pembiasaan, serta program integrasi dan internalisasi.
References
Alnashr, M. S. (2019). Pendidikan Karakter ala Gus Dur: Representasi Pesantren dalam Mendidik Bangsa. Shahih, 4(1), 57–72. https://doi.org/10.22515/shahih.v4i1.1597
Aziz, M. I., & Dkk. (2012). Madrasah Para Kiai Refleksi Alumni Untuk Satu Abad PIM. KMF Yogyakarta.
Bungin, M. B. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi, Format-Format Kuantitatif, Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Chanifah, N., & Samsudin, A. (2019). Pendidikan Karakter Islami: Karakter Ulul Albab Dalam Al-Qur’an. CV Pena Persada.
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. CV. Jejak.
Ghofarrozin, A. (2012). Orasi Ilmiah Ketua STAI Mathali’ul Falah. Ipmafa.Ac.Id.
Isma’il, I. bin. (n.d.). Sarh Ta’limu al-Muta’alim. Alhidayah.
Jauhari, M. Agus. (2020). Wawancara.
Jauhari, Mohamad Agus, Nuraini, L., & Alnashr, M. S. (2019). Hubungan Kematangan Beragama Dengan Karakter Al-ḤIRṢ Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA Pati. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3105
KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring. Kemendikbud.
Ma’mur, J., & Dkk. (2012). Mempersiapkan Insan Sholih- Akrom: Potret Sejarah dan Biografi Pendiri-penerus Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati 1912-2012 (1 Abad). Perguruan Islam Mathali’ul Falah.
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Sage.
Nuraini, L. (2020). Wawancara.
Setiawan, M. L. (2019). Internalisasi Nilai Dasar Sholih Akram (NDSA) sebagai Upaya Pembentukan Moral Mahasiswa IPMAFA Pati. IAIN Kediri.
Widyaningsih, T. S., Zamroni, & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.