Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa MI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena semakin memudarnya pengetahuan masyarakat tentang kearifan lokal yang telah menjadi karakter dan filosofi hidup mereka, yaitu membatik. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk terus menggali dan memproteksi kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran batik, Pengawas Sekolah serta siswa kelas V dan kelas VI. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran berbasis kearifan lokal membatik di MI Maarif Giriloyo I dilaksanakan melalui tahap perencanaan (mencakup program tahunan, program semester, silabus, dan RPP); pelaksanaan terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti (meliputi eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup; evaluasi pembelajaran melalui observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman. Sedangkan nilai-nilai karakter religius yang dikembangkan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal membatik di MI Maarif Giriloyo I antara lain: pertama, melalui penciptaan motif batik sebagai pesan dan doa atau harapan yang ditujukan kepada Allah SWT. Kedua, pengembangan karakter religius siswa terintegrasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
References
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitri, A. Z. (2012). Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kusrianto, A. (2015). Batik: Filosofi, Motif dan Kegunaan, Bandung: Andi Publisher.
Lestari, S. W. dkk. (2013). Pendidikan Batik untuk Kelas III SD dan MI, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muslich, M. (2018). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.
Rahyono, F.X. (2015). Kearifan Budaya dalam Kata, Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Riyanto, dkk., (1997). Katalog Batik Indonesia, Yogyakarta: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik Proyek Pengembangan dan Pelayanan Teknologi Industri Kerajinan dan Batik.
Sarwono, W. S. (2016). Psikologi Lingkungan dan Pembangunan, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta.
Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Prenada Media Grup.
Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perpektif Teori dan Praktek, Yogyakarta: UNY Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LETTER OF ORIGINALITY AND COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
As an author of Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI/SD of PGMI Department of Tarbiyah Faculty, Institut Pesantren Mathali’ul Falah and Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia, I, who sign below:
Declare that:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed in any other journals or publications.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except by the Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except those referred to in the bibliography and relevant to the rule of writing in this journal.
- I do the transfer copyright of this paper to Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan Guru MI.
- I make this assignment surely. If there are distortions and untruths in this assignment, later, I will take responsibility as the current law.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.