Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah
Abstract
Improving the quality of education is a problem that is still experienced by many educational institutions. To improve the quality of education, institutions need a system to help achieve quality education quality. So this study aims to analyze the application of Total Quality Management in the school accreditation program as an effort to improve the quality of education. This research is a literature study by taking data from several books and literature. This data collection technique uses documentation techniques and data analysis techniques using critical analysis which is interesting from several research documents. The results of this study indicate that improving the quality of education is carried out by implementing Total Quality Management. Total Quality Management is carried out by continuous improvement, determining quality standards, changing culture, changing organizations, maintaining relationships with customers and focusing on customer satisfaction. and have a commitment to change.
References
Awaludin, A. A. (2017). Akreditasi Sekolah Sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal SAP, 2 (1)
Danim, S. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Bumi Aksara
Fattah, N. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Remaja Rosdakarya
Hanun, F. (2015). Akreditasi Madrasah sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 13 (1)
Karyanto, U. G. & Rahman, A. (2015). Implikasi Akreditasi Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Tata Kelola SMK Negeri 1 Oku. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 7 (2)
Khikmah, N., Sunandar, & Yuliejantiningsih, Y. (2019). Implementasi Total Quality Management dalam Peningkatan Mutu Sekolah di SMA Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8 (1)
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1 (1)
Mirawan, D. (2010). Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Sebagai Upaya Pengendalian Mutu Pendidikan secara Nasional dalam Otonomi Pendidikan. Education, 4(2)
Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan. Kencana.
Novelia I., Azwar, & Elfitra. (2019). Langkah Progresif Peningkatan Akreditasi Sekolah: Studi SMP di Kota Padang. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 4 (2)
Nujumuddin. (2019). Dampak Kebijakan Akreditasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru Madrasah. Jurnal Penelitian Keislaman, 15 (1)
Prados, J.W., Peterson, G.D., & Lattuca, L.R. (2005). Quality Assurance of Engineering through Accreditaion The Impact Of Engineering Criteria 2000 and its Globlal Inlfuence. Journal of Engineering Education, 94(1)
Rahman, L. Z. (2020). Upaya Meningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam melalui Sistem Akreditasi dalam Perspektif Total Quality Management (TQM) di SD Muhammdiyah Karangbendo Bantul. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10 (2)
RI, U. (2003). Undang-undang Nomor 40. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta
Sallis, E. (2006). Total Quality Management In Education. Divapress
Setiyaningsih, C. D. (2017). Status Akreditasi dan Kualitas Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1 (2)
Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018,). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1 (2)
Suryana, A. (2005). Akreditasi, Sertifikasi dan Upaya Penjaminan Mutu. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.17509/jap.v3i2.6116
Tjiptono, F. & Diana, A. (2001). Total Quality Management. Andi Offset
Utiarahman, P. (2017). Manajemen Program Akreditasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Boalemo. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2 (1)
Zazin, N. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Arruzz Media
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD.
Lisensi :
Jurnal Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.