The Problematics of Digital Da’wah in the Perspective of Ustadz Salim A. Fillah

  • Fitakhun Najah Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid
  • M. Hijaz Muhajjir A Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid
  • Zahrania Oktavia A Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid
  • Faya Agnia Rohadi UIN K. H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
Keywords: Ustadz Salim A. Fillah, dakwah digital, dampak negatif, literasi media

Abstract

Aspek negatif da’wah melalui media digital tetap menjadi masalah serius yang memerlukan perhatian serius dari para da’i dan ahli komunikasi Islam. Studi kualitatif ini mengeksplorasi pandangan Ustadz Salim A. Fillah mengenai sisi negatif da’wah digital melalui observasi media dan analisis literatur. Data primer diperoleh dari konten YouTube di saluran “Pro-U Channel,” sementara data sekunder diambil dari sumber akademik yang relevan. Studi ini juga mengintegrasikan wawasan dari para cendekiawan yang membahas dampak digitalisasi terhadap spiritualitas Islam, termasuk isu-isu seperti “clickbait” agama, polarisasi moral, dan penyebaran agama secara daring. Data dianalisis melalui tahap reduksi, presentasi, dan verifikasi. Temuan menunjukkan bahwa, menurut Ustadz Salim A. Fillah, dakwah di ruang digital seringkali kehilangan kedalaman spiritual dan maknanya, menghasilkan pesan-pesan instan dan viral yang kurang memahami substansi bagi audiens. Oleh karena itu, bahkan pesan agama yang positif harus dirancang secara kontekstual dan etis untuk memupuk pemahaman yang bermakna dan transformasi spiritual. Studi ini menekankan pentingnya literasi media dan komunikasi strategis dalam dakwah, dengan menekankan bahwa dakwah digital yang efektif harus tetap moral, kontekstual, dan transformatif untuk menjaga esensi ajaran Islam di era digital.

References

Adeni, A., Hakim, L., & Hasanah, S. (2023). Rethinking Islamic Da’wah Model in the Context of Digital Space. Proceeding of Saizu International Conference on Transdisciplinary Religious Studies, 285–294. https://doi.org/10.24090/icontrees.2023.348
Agusman. (2023). REACHING THE MILLENNIAL GENERATION THROUGH DA’WAH ON SOCIAL MEDIA. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.186
Akbar, F., Mailin, M., & Ritonga, H. J. (2023). The Effectiveness of Da’wah Through Social-Media in Fostering the Interest of Da’wah Students of Islamic Communication and Broadcasting at North Sumatra State Islamic University. In International Journal of Science and Society (Vol. 5, Issue 5). http://ijsoc.goacademica.com
Amal, K. (2021). Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Salim A. Fillah. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2). https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.9
Arifin, B. (2018). Strategi Komunikasi Dakwah Da’i Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 159–178. https://doi.org/10.15575/cjik.v2i2.4940
Bintang Fadhlurrahman, M., Sopiah Wardah, R., Mundzir Program Studi Ilmu Al Qur, M., dan Tafsir, an, Ushuluddin, F., Humaniora, dan, & ProfKH Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. (2022). REKONSTRUKSI DAKWAH DI MEDIA ONLINE: KONTEKSTUALISASI MAKNA HIKMAH DALAM Q.S. AL-NAHL: 125 APLIKASI PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA. http://ikmalonline.com/
Desiana. (2024). Transformation of Islamic Communication: Optimizing Blockchain Technology for Digital Da’wah Content Desiana STAIN Mandailing Natal. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 6(2), 263–277. https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/index
Estuningtyas, R. D. (2024). DAKWAH DIGITAL SEBAGAI SARANA PENGUATAN MODERASI BERAGAMA. Journal of PEGON: Islam Nusantara Civilization, 12(1), 143–144.
Faizin, M. (2022). empat Strategi Dakwah di Era Digital menurut Lembaga Dakwah PBNU. NU Online.
Hamlan. (2017). URGENSI PENELITIAN DALAM KEBERHASILAN DAKWAH. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu - Ilmu Keislaman, 3(2), 2442–256.
Hanif, M., & Agusman. (2023). INNOVATIVE STRATEGIES IN CONTEMPORARY DA’WAH: INITIATING A TECHNOLOGY-BASED APPROACH. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 6(2), 59–71. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.212
Irawan, D., Lukman, D., & Imanuddin Effendi, D. (2024). Transformasi Dakwah Live Streaming pada Masyarakat Urban di Kota Bandung. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 24(1), 79–100. https://doi.org/10.15575/anida.v24i1.35549
Kahfi, A., Tinggi Agama Islam Ma, S., Magetan, arif, & Gunung Djati Bandung, S. (2024). TRANSFORMATION OF DA’WAH IN THE DIGITAL ERA: MODERN STRATEGIES IN OPTIMIZING TECHNOLOGY-BASED DA’WAH MANAGEMENT Kholis Ali Mahmudi Arjuna (Vol. 9, Issue 2). https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/jdk/index
Kasir, I., & Awali, S. (2023). Peran Dakwah Digital dalam Menyebarkan Pesan Islam di Era Modern. Journal Dakwah and Social Religiosity, 1(1), 79–80.
Khaerunnisa, & Muhammad, F. (2020). PROBLEMATIKA DAKWAH DI TENGAH PROPAGANDA AGAMA DI MEDIA SOSIAL (PERSPEKTIF KOMUNIKASI POLITIK ISLAM).
Mahsya, M., Pascasarjana, N., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2023). DAKWAH DIGITAL DAN DAKWAH MIMBAR : ANALISIS PERAN DAN DAMPAK DALAM ERA DIGITALISASI (Vol. 4, Issue 2).
Maun. (2021). ETIKA SABAR DALAM DALAM BERDAKWAH PERSPEKTIF SYIKH ALI MAHFUDZ. In Pusat Studi Aswaja Unisnu Jepara JASNA (Vol. 1, Issue 2).
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.1-11
Naamy, N. (2023). Transformasi Sosial Dakwah Tuan Guru; Dari Tradisional Menuju Era Digital (Vol. 1, Issue 1).
Nuriana, Z. I., & Salwa, N. (2024). Sinergi International Journal of Islamic Studies Digital Da’wah in the Age of Algorithm: A Narrative Review of Communication, Moderation, and Inclusion. 4(2). https://journal.sinergi.or.id/
Permana, R. (2013). Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali dalam Lagu Cari Berkah (Vol. 03).
Putro, H. P. (2023). Digital Communication as a Tool for Improving Organizational Performance Keywords. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/InfoSains
Qodir, zuly. (2019). ISLAM BERKEMAJUAN DAN STRATEGI DAKWAH PENCERAHAN UMAT. Sosiologi Reflektif, 13(2), 209–233.
Ramdan, A., & Sulaeman. (2019). PELUANG JURNALISME DAKWAH DI ERA DIGITAL. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/stimulus/index
Ridwan, R., & Ramsiah Tasruddin. (2025). Optimalisasi Media Sosial untuk Dakwah Islam: Tantangan dan Strategi. AL-QIBLAH: Jurnal Studi Islam Dan Bahasa Arab, 4(1), 32–44. https://doi.org/10.36701/qiblah.v4i1.1969
Riski Pratama, A., Aprison, W., Latifa, N., Islam Negeri Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M., & Mohammad Natsir Bukittinggi, U. (2024). DAKWAH DIGITAL DALAM PENYEBARAN NILAI-NILAI ISLAM DI ERA DIGITAL. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 45. https://ejournal-stidkibogor.ac.id/index.php/tabayyun
Rohman, D. A. (2019). KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 121–132.
Rustandi, R. (2020). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678
Satriah, L. (2024). The Application of Rhetoric and Ethics in Salim A. Fillah’s Da’wah on Dr. Richard Lee’s YouTube Content: A Conceptual Analysis. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra
Sunarto, A. ,. (2017). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PAHAM RADIKALISME.
 
Published
2025-10-31
How to Cite
Najah, F., Muhajjir A, M., A, Z., & Rohadi, F. (2025). The Problematics of Digital Da’wah in the Perspective of Ustadz Salim A. Fillah. Al-I’timad: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 3(2), 197 - 212. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/alitimad.v3i2.1697
Section
Articles